berakhlak
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Kepahiang

Jl. Aipda Mu'an, Komplek Perkantoran Pemkab Kepahiang, Bengkulu

E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengajuan Surat Keterangan

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum

Komunikasi Data Nasional

Perpustakaan Pengadilan Negeri Kepahiang

Sistem Informasi Kepegawaian

Portal Sistem Informasi Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sistem Informasi PNBP Online

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Kepahiang

Sistem Informasi Pengawasan Mahkamah Agung RI

tilang

Berita Mahkamah Agung Republik Indonesia

Berita Mahkamah Agung Republik Indonesia

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Play”]

Berikut ini adalah berita terbaru Mahkamah Agung Republik Indonesia

  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    • Syukuri Usia Ke-71, Ikahi Gelar Kegiatan Donor Darah

      jakarta-humas: Pada 20 Maret 2024 Mendatang, Ikatan Hakim Indonesia (ikahi) Akan Berusia 71 Tahun. Untuk Mensyukuri Bertambahnya Usia Tersebut, Pengurus Pusat Ikahi Menggelar Serangkaian Acara Seperti Kegiatan Donor Darah, Bantuan Sosial, Dan Kegiatan Upacara Tabur Bunga Di Taman Makam Pahlawan.

      selain Itu, Perayaan Usia Ke-71 Ini Juga Akan Diramaikan Dengan Kegiatan Ilmiah Dan Seni Seperti Lomba Karya Tulis Ilmiah (lkti), Seminar Internasional, Dan Lomba Paduan Suara Mars Ikahi Dan Hymne Ikahi. Dan Untuk Pertama Kalinya, Pada Ulang Tahun Kali Ini, Ikahi Akan Mengadakan Kegiatan Tali Asih Kepada Keluarga Hakim Yang Hakimnya Telah Meninggal Dunia Dan Keluarga Tersebut Membutuhkan Bantuan.

      rangkaian Kegiatan Perayaan Diawali Pada Hari Ini Kamis, 29 Februari 2024 Dengan Kegiatan Donor Darah Di Kantor Mahkamah Agung, Jakarta. Hakim Agung Dr. Yosran, S.h., M.hum. Selaku Ketua Panitia Menyatakan Bahwa Kegiatan Ini Merupakan Bukti Konkrit Dari Kepedulian Dan Kepekaan Sosial Para Hakim Kepada Masyarakat Yang Membutuhkan. Kegiatan Ini Mengisyaratkan Bahwa Para Hakim Dan Aparatur Peradilan Rela Berkorban Dan Berbagi Apa Yang Dimiliki, Termasuk Darah.

      kegiatan Donor Darah Ini Merupakan Kegiatan Yang Rutin Dilaksanakan Ikahi Di Setiap Tahunnya. Hal Tersebut Adalah Kerja Sama Yang Berkesinambungan Antara Ikahi, Korpri, Dan Palang Merah Indonesia (pmi) Wilayah Dki Jakarta.

      semoga Darah Yang Disumbangkan Hari Ini, Memberikan Kontribusi Bagi Saudara-saudara Kita Yang Membutuhkan, Harap Yosran.

      sementara Itu, Ketua Mahkamah Agung Yang Diwakili Oleh Hakim Agung Syamsul Maarif, S.h., L.l.m., Ph.d. Menyatakan Bahwa Kegiatan Donor Darah Merupakan Kegiatan Yang Tidak Mudah, Karena Motivasinya Bukan Motivasi Ekonomi, Namun Murni Motivasi Pengabdian.

      ia Sangat Mengapresiasi Kegiatan Ini. Karena Kegiatan Donor Darah Bukan Dimotivasi Oleh Ekonomi, Namun Murni Motivasi Pengabdian, Kata Syamsul Maarif Menyuarakan Ketua Mahkamah Agung.

      terkait Hal Tersebut, Ketua Mahkamah Agung Memberikan Apresiasi Yang Sangat Tinggi Kepada Semua Pengurus Ikahi, Pengurus Korpri, Dan Petugas Pmi Dki Jakarta Yang Telah Menyelenggarakan Kegiatan Ini Dengan Sangat Baik.

      kegiatan Donor Darah Ini Diikuti Oleh Hakim Agung, Hakim Yustisial, Para Pejabat Eselon 1-4 Pada Mahkamah Agung, Serta Aparatur Lingkungan Mahkamah Agung. Kegiatan Ini Diikuti Pula Para Hakim Dan Aparatur Empat Lingkungan Peradilan Se-wilayah Jabodetabek. (azh/pnc/rs/photo:yrz)

    • Kunjungan Kerja Komisi Iii Dpr Ri Ke Sulawesi Utara

      manado-humas: Komisi Iii Dpr Ri Melakukan Kunjungan Kerja Reses Masa Persidangan Iii Tahun Sidang 2023-2024 Dengan Empat (4) Lingkungan Peradilan Se-wilayah Provinsi Sulawesi Utara Pada Rabu, 28 Februari 2024 Di Ballroom Hotel Four Points Sheraton. Rapat Kerja Yang Dipimpin Oleh H. Ahmad Sahroni, Se., M.i.kom Didampingi Oleh 5 Anggota Komisi Iii Dpr Seperti Dr. H. Andi Rio Idris P, Sh., M.kn, Romo H. R. Muhammad Syafii, S.h., M.hum, Dr. Hinca Ip Pandjaitan, Sh., Mh., Accs, H. Santoso, Sh., Mh Dan Dr. H. Ach. Baidowi, S.sos., M.si.

      sahroni Menjelaskan Kunjungan Kerja Ini Sebagai Tugas Konstitusional Komisi Iii Dpr Dalam Melakukan Fungsi Pengawasan Anggaran Kepada Para Mitra Kerja Di Daerah Untuk Menjadi Masukan Dalam Rapat Konsultasi, Rapat Kerja Maupun Rapat Dengar Pendapat Dengan Kementerian/ Lembaga Terkait.

      rapat Kerja Dihadiri Oleh Ketua Pengadilan Tinggi Manado Asli Ginting, Sh., Mh Beserta Jajarannya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado Drs. H. M. Nahiruddin, Sh., Mh, Beserta Jajarannya, Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Manado Simbar Kristianto, Sh Beserta Jajarannya Dan Kepala Pengadilan Militer Iii-17 Manado Kolonel Laut Amriandie, Sh., Mh.

      pada Kesempatan Ini Ketua Pengadilan Tinggi Manadomenyampaikan Perlunya Tunjangan Kemahalan Untuk Para Hakim Dan Asn Yang Bertugas Di Daerah Terpencil.

      sementara Itu Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado Menjelaskankebutuhan Anggaran Untuk Pembangunan Beberapa Gedung Pengadilan Agama Terutama Pa Bitungdikarenakan Hanya Tersedia 1 Ruangan Sidang Yang Sempit.

      selanjutnya Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Manado Mengungkapkan Kendala Yang Dihadapi Pengadilan Seperti Kurangnya Anggaran Untuk Melakukan Sidang Keliling Di Daerah Kepulauan Wilayah Hukum Ptun Manado Yaitu Kabupaten Sitaro, Kabupaten Sangihe Dan Kabupaten Talaud.

      kepala Pengadilan Militer Iii-17 Manado Menyampaikan Kebutuhan Dukungan Sarana Dan Prasarana Transportasi Dalam Menyelesaikan Perkara Dikarenakan Letak Geografis Wilayah Hukumnya Mencakup 3 Provinsi Seperti Provinsisulawesi Utara, Gorontalo Dan Sulawesi Tengah.

      kegiatan Ini Diakhiri Pada Pukul 17.30 Wita Dengan Tukar Menukar Plakat Dan Foto Bersama. (rv/md)

    • Ketua Mahkamah Agung Membuka Gelombang I Program Pendidikan Calon Hakim (ppch) Terpadu 4 (empat) Lingkungan Peradilan

      megamendung-humas: Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h Membuka Gelombang I Program Pendidikan Calon Hakim (ppch) Terpadu 4 (empat) Lingkungan Peradilan, Pada Hari Senin, 26 Febuari 2024, Bertempat Di Pusdiklat Mahkamah Agung Ri Mega Mendung Bogor Jawa Barat.

      dalam Sambutannya Ketua Mahkamah Agung Mengatakan Selama Proses Pendidikan Dan Pelatihan Nanti, Saudara Akan Diberikan Berbagai Pengetahuan Dan Keterampilan Oleh Para Pengajar Dan Fasilitator Sebagai Bekal Untuk Menjadi Seorang Hakim. Selain Itu, Saudara Juga Akan Diberikan Pendidikan Tentang Perilaku, Moral, Etika, Dan Kedisiplinan, Karena Untuk Menjadi Seorang Hakim Bukan Hanya Harus Cerdas Dalam Menganalisis Setiap Persoalan Hukum Dan Terampil Dalam Memimpin Persidangan, Namun Juga Yang Terpenting Adalah, Harus Memiliki Integritas, Kedisiplinan Dan Sikap Moral Yang Baik.

      lebih Lanjut, Prof. Syarifuddin Menyatakan Bahwa Mengemban Jabatan Sebagai Seorang Hakim Sangatlah Berat Dan Penuh Tantangan, Karena Hakim Adalah Jabatan Yang Memiliki Segudang Kewenangan, Sedangkan Di Sisi Lain Banyak Pula Godaan Yang Datang Untuk Mempengaruhi Kemandirian Para Hakim Ketika Menangani Suatu Perkara. Oleh Karena Itu, Hanya Orang-orang Memiliki Mental Baja Dan Teguh Pada Pendirian Yang Akan Mampu Menangkal Godaangodaan Tersebut.

      menurutnya Profesionalitas Dan Integritas Adalah Dua Hal Yang Mutlak Harus Dimiliki Oleh Seorang Hakim Tanpa Bisa Di Tawar-tawar, Karena Integritas Tanpa Profesionalitas Adalah Kerapuhan, Sedangkan Profesionalitas Tanpa Integritas Akan Menjadi Sumber Terjadinya Malapetaka. Pastikan Bahwa Saudara Adalah Orang-orang Yang Mampu Menjalankan Tugas Dan Tanggung Jawab Sebagai Hakim Yang Profesional Dan Memiliki Integritas Yang Tinggi, Dan Semua Itu Harus Dibangun Dari Sejak Saat Ini.

      peserta Program Pendidikan Calon Hakim (ppch) Terpadu 4 (empat) Lingkungan Peradilan Sebanyak 1460 Orang. Pelaksanaan Program Ppch Tersebut Dibagi Menjadi 3 Gelombang Antara Lain: Gelombang I Sebanyak 512 Orang, Gelombang Ii Sebanyak 483 Orang Dan Gelombang Iii Sebanyak 465 Orang.

      untuk Saat Ini Peserta Yang Mengikuti Diklat 1 Adalah Gelombang 1 Dengan Jumlah 512 Orang Terdiri Dari : Cakim Peradilan Umum Sebanyak 324 Orang Pembelajaran Di Kelas Dibagi Menjadi 8 Kelas Cakim Peradilan Agama Sebanyak 126 Orang Dibagi Dalam 3 Kelas Cakim Peradilan Tata Usaha Negara Sebanyak 37 Orang Ditempatkan Dalam 1 Kelas Dan Cakim Peradilan Militer Sebanyak 25 Orang Ditempatkan Dalam 1 Kelas

      sementara Itu Kepala Badan Strategi Kebijakan Dan Pendidikan Dan Pelatihan Hukum Dan Peradilan Mahkamah Agung Bambang Hery Mulyono, S.h., M.h.mengungkapkan Dalam Tahapan Ini Para Calon Hakim Diberi Materi Pembelajaran Tentang Pengertian Dan Hakikat Negara Hukum Dengan System Hukumnya; Apa Yang Dimaksud Dengan Kekuasaan Kehakiman Sebagaimana Diamanatkan Ketentuan Pasal 24 " Pasal 25 Undangundang Dasar 1945 Berikut Empat Kali Amandemennya, Serta Siapa Pelaku Kekuasaan Kehakiman Dimaksud. Di Samping Itu, Pada Peserta Diberikan Pula Pembelajaran Tentang Kekuasaan Mahkamah Agung Beserta Badan Peradilan Di Bawahnya Dan Juga Tentang Mahkamah Konstitusi Ri Dan Komisi Yudisial Ri

      di Samping Pembelajaran Tentang Teori-teori Hukum Dalam Kaitannya Dengan Kekuasaan Kehakiman, Kepada Calon Hakim Diberikan Pula Pemahaman Tentang Struktur Organisasi Mahkamah Agung Dan Badan Peradilan Di Bawahnya; Serta Tugas Pokok Fungsi Kelembagaannya, Utamanya Tugas Dan Kewenangan Hakim, Panitera Pengganti Dan Jurusita Serta Calon Hakim Menjalankan Tugas Magang Sebagai Panitera Pengganti Dan Menjelaskan Proses Acara Persidangan Secara Keseluruhan, Ujar Mantan Ketua Pengadilan Negeri Padang.

      diakhir Sambutan Ketua Mahkamah Agung Meminta Kepada Seluruh Peserta Agar Bersungguh-sungguh Dalam Mengikuti Pelatihan Ini, Karena Apa Yang Diperoleh Pada Saat Pelatihan Akan Menentukan Kompetensi Saudara Ketika Menangani Suatu Perkara. Pergunakanlah Waktu Belajar Dengan Sebaik Mungkin, Karena Waktu Pelatihan Ini Sangatlah Singkat, Sedangkan Materi Yang Harus Saudara Kuasai Jumlahnya Sangat Banyak, Sehingga Jika Saudara Tidak Pandai-pandai Dalam Mengatur Waktu, Maka Akan Sulit Untuk Bisa Mencapai Standar Kompetensi Yang Ditargetkan.

      turut Hadir Dalam Acara Tersebut, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Para Ketua Kamar Pada Mahkamah Agung, Pejabat Eselon I Dilingkungan Mahkamah Agung, Asisten Personal Panglima Tni, Kepala Badan Pembinaan Hukum Tni, Panglima Divisi Infantri 1 Kostrad, Kepala Pengadilan Militer Utama, Pejabat Eselon Ii Dilingkungan Mahkamah Agung, Serta Para Undangan Lainnya. (humas)

    • Kma : Integritas Merupakan Pondasi Utama Dalam Mewujudkan Peradilan Yang Bermartabat

      bali-humas: Saya Tidak Akan Pernah Bosan Untuk Terus Mengingatkan Kepada Para Hakim Dan Apartur Peradilan Tentang Pentingnya Menjaga Integritas Dalam Menjalankan Tugas-tugas Peradilan, Karena Integritas Merupakan Pondasi Utama Dalam Mewujudkan Peradilan Yang Bermartabat, Sehingga Tidak Boleh Luput Dari Setiap Sikap Dan Prilaku Para Hakim Dan Aparatur Peradilan.

      demikian Disampaikan Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr, H. M. Syarifuddin, S.h., M.h, Dalam Acara Pembinaan Teknis Dan Administrasi Peradilan Bagi Pimpinan, Hakim Dan Aparatur Peradilan Di Lingkungan Peradilan Militer Dan Tata Usaha Negara Di Seluruh Indonesia, Pada Hari Jumat, 23 Febuari 2024, Bertempat Diballroom Hotel Trans Bali.

      menurutnya Integritas Tidak Bisa Dibentuk Dengan Pendidikan, Sehingga Tidak Heran Jika Banyak Orang Yang Cerdas Secara Intelektual Tapi Ternyata Tidak Memiliki Integritas, Karena Integritas Sesungguhnya Datangnya Dari Dalam Hati Sanubari, Oleh Karena Itu Integritas Sangat Berkaitan Dengan Kondisi Spiritual Seseorang.

      oleh Karena Itu, Mari Sama-sama Kita Jaga Integritas Kita, Dengan Selalu Istiqomah Dan Tidak Berhenti Untuk Berdoa Agar Selalu Diberikan Kekuatan Dan Keteguhan Oleh Allah Swt Dalam Menghadapi Setiap Godaan Dan Rintangan, Sehingga Kita Tetap Berada Di Jalan Yang Benar, Baik Secara Aturan Hukum, Kode Etik, Maupun Aturan Agama, Ujar Prof Syarifuddin.

      kepatuhan Terhadap Hasil Kesepakatan Pleno Kamar Mahkamah Agung

      setiap Tahun Mahkamah Agung Selalu Menerbitkan Hasil Kesepakatan Pleno Kamar Sebagai Pedoman Bagi Pelaksanaan Tugas-tugas Peradilan Yang Diberlakukan Melalui Surat Edaran Mahkamah Agung, Baik Menyangkut Isu Dan Permasalahan Yang Baru, Maupun Revisi Terhadap Hasil Kesepakatan Kamar Sebelumnya.

      dalam Pembinaan Ini Ketua Ma Mengatakan Kesepakatan Pleno Kamar Tersebut Bukan Hanya Menjadi Pedoman Bagi Para Hakim Agung Dan Aparatur Di Mahkamah Agung Melainkan Juga Bagi Para Hakim Dan Aparatur Di Pengadilan Tingkat Banding Dan Tingkat Pertama. Kesepakatan Kamar Ini Bertujuan Untuk Menciptakan Kesatuan Penerapan Hukum Dan Konsistensi Putusan Terhadap Suatu Perkara Yang Memiliki Isu Hukum Yang Sama Dari Sejak Di Tingkat Pertama Hingga Di Tingkat Kasasi Dan Pk.

      mantan Ketua Pengadilan Negeri Bandung, Berharap Agar Para Hakim Dan Apartur Peradilan Selalu Mempelajari Setiap Hasil Kesepakatan Pleno Kamar Mahkamah Agung Untuk Dijadikan Pedoman Dalam Menjalankan Tugas-tugas Peradilan, Sehingga Dapat Meminimalisir Disparitas Putusan Atas Suatu Persoalan Hukum Yang Sama.

      acara Pembinaan Ini, Juga Dihadiri Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Para Ketua Kamar Pada Mahkamah Agung, Plt. Dirjen Badan Peradilan Militer Dan Tata Usaha Negara, Pejabat Eselon Ii Pada Mahkamah Agung, Ketua / Kepala Pengadilan Militer Dan Tata Usaha Negara Pada Tingkat Banding Dan Pertama, Serta Para Undangan Lainnya. (humas)

    • Kunjungi Pt Denpasar, Kma Instruksikan Berikan Pelayanan Yang Prima Kepada Masyarakat Pencari Keadilan Dengan Zero Kkn

      jakarta-humas: Sewaktu Saya Meresmikan Gedung Bale Agung Waktu Itu, Gedung Tersebut Belum Ada Fasilitas Yang Ada. Dan Sekarang Saya Berkunjung Ke Gedung Ini Terlihatt Begitu Mewah Dan Besar Dengan Berbagai Macam Ornament Ukiran Khas Bali. Dengan Adanya Gedung Sebagus Ini Jangan Hanya Digunakan Sebaik Tempat Duduk-duduk, Melainkan Gedung Ini Harus Memberikan Pelayanan Yang Prima Kepada Masyarakat Pencari Keadilan Dengan Zero Korupsi, Kolusi Dan Nepotisme (kkn).

      hal Ini Disampaikan Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h Pada Saat Meninjau Gedung Bale Agung Pengadilan Tinggi Denpasar Pada Hari Jumat, 23 Febuari 2024, Bertempat Digedung Pengadilan Tinggi Denpasar.

      menurutnya, Selain Gedung Yang Bagus, Sumber Daya Manusianya Juga Harus Ditingkatkan Melalui Unit Kerja Berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani (wbbm) Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (ptsp) Sehingga Cita-cita Bersama Mewujudkan Peradilan Indonesia Yang Agung, Dapat Direalisasikan Secara Nyata.

      luas Gedung Bale Agung Secara Keseluruhan Adalah 1.086 M2, Dengan Peruntukan Lantai 1 Sebagai Tempat Parkir Mobil Dan Lantai 2 Dengan Luas 350,4 M2 Yang Dapat Menampung 250 Orang Untuk Melaksanakan Kegiatan Rapat, Koordinasi, Sosialisasi Dll Kegiatan.

      pada Tahun 2021 Sebagai Tahap Awal Telah Diberikan Hibah Dari Pemerintah Provinsi Bali Berupa Gedung Bangunan Serba Guna, Yang Kemudian Kami Namakan Gedung Bale Agung.

      sementara Itu Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar Dr. Wayan Karya, S.h., M.hum Mengatakan Kehadiran Gedung Serbaguna Ini, Sangat Bermanfaat Dalam Mendukung Kegiatan Pelayanan Yang Melibatkan Banyak Pihak, Mengingat Pengadilan Tinggi Denpasar Selaku Pengadilan Tingkat Banding Dan Juga Berfungsi Sebagai Kawal Depan ( Voorpost ) Mahkamah Agung Ri Di Daerah Bali Sangat Membutuhkan Adanya Gedung Serbaguna Yang Representatif.

      secara Filosofi Bali Artinya Mulia, Agung Artinya Besar. Jadi Segala Hal Yang Sifatnya Mulia Yang Akan Menjadi Besar Dan Berjaya. Sedangkan Gedung Serba Guna Ini Diberi Nama Bale Agung. Bale Dalam Khasanah Bali Adalah Tempat. Sehingga Dapat Disimbolkan Bahwa Bale Agung Merupakan Tempat Munculnya Segala Kemuliaan Dan Keluhuran Dalam Berkarya Untuk Menjalankan Kewajiban ( Swadharma ) Guna Mendukung Terwujudnya Badan Peradilan Yang Agung Untuk Bangsa Dan Negara, Ujar Wayan Karya.

      acara Kunjungan Ini Juga Dihadiri Oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Para Ketua Kamar Mahkamah Agung, Dirjen Badan Peradilan Umum, Pj Gubenur Bali, Dr. Ir. I Wayan Koster, M.m, Para Hakim Tinggi, Hakim Achoc, Panitera Dan Sekretaris Pengadilan Tinggi Denpasar, Serta Ketua, Wakil Ketua, Panitera Dan Sekretaris Pengadilan Negeri Sewilayah Bali, Serta Para Undangan Lainnya. (humas)










Open chat