berakhlak
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Kepahiang

Jl. Aipda Mu'an, Komplek Perkantoran Pemkab Kepahiang, Bengkulu

E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengajuan Surat Keterangan

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum

Komunikasi Data Nasional

Perpustakaan Pengadilan Negeri Kepahiang

Sistem Informasi Kepegawaian

Portal Sistem Informasi Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sistem Informasi PNBP Online

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Kepahiang

Sistem Informasi Pengawasan Mahkamah Agung RI

tilang

Berita Badan Peradilan Umum

Berita Badan Peradilan Umum

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Play”]

Berikut ini adalah berita terbaru Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia.

berisikan tentang Informasi Berita dan Informasi Pengumuman dari Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung.

  • Berita Informasi Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Dampingi Ketua Mahkamah Agung Resmikan Ruang Sidang Pengadilan Tinggi Surabaya

      dalam Rangkaian Kegiatan Di Surabaya Hari Senin, 10 Juni 2024, Ketua Mahkamah Agung Ri, Ym Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.h., M.h. Berkunjung Ke Pengadilan Tinggi Surabaya Didampingi Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Para Pimpinan Mahkamah Agung Ri Ini Disambut Oleh Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya Dr. H. Kresna Menon, S.h., M.hum.

      kunjungan Ini Dalam Rangka Meninjau Pelayanan Sekaligus Meresmikan Ruang Sidang Utama Pada Pengadilan Tinggi Surabaya. Peresmian Ruang Sidang Utama Ini Dihadiri Oleh Para Hakim Tinggi, Pejabat Struktural Dan Fungsuional, Serta Pegawai Pengadilan Tinggi Surabaya.

      pada Kesempatan Ini, Ketua Mahkamah Agung Memberikan Persetujuan Nama Pada Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Surabaya, Yang Diberi Nama Ruang Sidang Utama Prof. Dr. H. M. Syarifudin, S.h., M.h. beliau Berharap Ruang Sidang Ini Dapat Dimanfaatkan Sebaik Mungkin Untuk Pemberian Layanan Bagi Pencari Keadilan.

    • Ditjen Badilum Mengucapkan Selamat Kepada Wakil Ketua Mahkamah Agung Ri Bidang Yudisial Atas Pengukuhan Sebagai Guru Besar Kehormatan Universitas Airlangga

      pada Hari Senin, 10 Juni 2024, wakil Ketua Mahkamah Agung Ri Bidang Yudisial, ym Prof. Dr. H. Sunarto, S.h., M.h. Menerima pengukuhan Sebagai Guru Besar Kehormatan Universitas Airlangga. Pengukuhan Ini Merupakan Bentuk Apresiasi Dari Universitas Airlangga Atas Pengabdian Ym Wakil Ketua Mahkamah Agung Ri Di Bidang Hukum Selama Ini.

      kegiatan Pengukuhan Ini Berlangsung Di Aula Garuda Mukti Kampus C Universitas Airlangga, Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Kegiatan Pengukuhan Dipimpin Langsung Rektor Universitas Airlangga prof. Dr. Mohammad Nasih  Dan Dihadiri ketua Mahkamah Agung Ri, Ym Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.h., M.h.

      pada Pengukuhan Ini, ym Wakil Ketua Mahkamah Agung Ri Membawakan Pidato Dengan Judul "makna Hukum Dan Keadilan Dalam Perkara Perdata". Kegiatan Pengukuhan Selain Diikuti Oleh Para Insan Peradilan, Termasuk Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h., Juga Dihadiri Pula Secara Daring (online) Oleh Perwakilan Dari Negara Sahabat, Seperti Dari Mahkamah Agung Malaysia Dan Federal And Family Court Australia.

    • Dirjen Badilum Terima Kunjungan Ketua Pengadilan Tinggi Dki Jakarta

      dalam Rangka Menjalin Silaturahim Sekaligus Konsultasi Terkait Kondisi Satuan Kerja, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h., Didampingi Oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, Kurnia Arry Soelaksono, S.e., S.h., M.hum. Dan Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum, Hasanudin, S.h., M.h., Menerima Kunjungan Dari Ketua Pengadilan Tinggi Dki Jakarta, Dr, H. Herri Swantoro, S.h., M.h. Pada Jumat, 7 Juni 2024. Dalam Kunjungan Yang Disambut Dengan Hangat Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Ketua Pengadilan Tinggi Dki Jakarta Didampingi Oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Dki Jakarta, dr. Pontas Effendi, S.h., M.h., Berbincang Mengenai Kondisi Terkini Satuan Kerja Yang Dipimpinnya. Selain Itu, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Juga Mengajak Ketua Pengadilan Tinggi Dki Jakarta & Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Dki Jakarta Untuk Meninjau Ruang Command Center Ditjen Badilum Serta Aplikasi Satu Jari. Dalam Kesempatan Tersebut, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Menjelaskan Mekanisme Pemantauan Menggunakan Aplikasi Satu Jari Dan Bagaimana Para Pegawai Yang Bertugas Memantau Kemudian Melaporkan Hasilnya Untuk Digunakan Sebagai Bahan Dalam Penentuan Kebijakan Dan Pengambilan Keputusan. 

    • Ditjen Badilum Dan Pengadilan Negeri Manokwari Lakukan Penilaian Ampuh

      dengan Dilaksanakannya Program Sertifikasi Mutu Pengadilan Unggul Dan Tangguh (ampuh), Maka Ditjen Badilum Mulai Melaksanakan Penilaian Layanan Pada Pengadilan Negeri Dan Pengadilan Tinggi. Kali Ini Penilaian Di Pengadilan Negeri Manokwari Oleh Tim Ditjen Badilum Yang Dipimpin Direktur Pembinaan Peradilan Umum, Zahlisa Vitalita, S.h., M.h.

      penilaian Ampuh Yang Dilaksanakan Pada Hari Rabu, 5 Juni 2024 Ini Dihadiri Langsung Oleh Ketua Pengadilan Negeri Manokwari, Berlinda Ursula Mayor, S.h., L.l.m. Penilaian Ampuh Ini Bertujuan Memastikan Agar Pemberian Layanan Dan Pelaksanaan Tugas Fungsi Terlaksana Baik Sesuai Peraturan-peraturan Mahkamah Agung Ri. 

      penilaian Sertifikasi Mutu Pengadilan Unggul Dan Tangguh (ampuh) Ini Diikuti Oleh Para Hakim, Sekretaris, Panitera, Pejabat Dan Pegawai Di Pengadilan Negeri Manokwari. dengan Penilaian Ampuh Ini, Diharapkan Dapat Terus Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Pencari Keadilan Yang Diberikan Oleh Pengadilan Negeri Manokwari.

    • Sekretaris Ditjen Badilum Sampaikan Materi Pengelolaan Anggaran Ke Para Calon Hakim Peradilan Umum

      pada Hari Selasa, 4 Juni 2024, Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agugn Ri, kurnia Arry Soelaksono, S.e., S.h. M.hum Menyampaikan Materi Perencanaan, Penyusunan, Dan Revisi Anggaran Pusat Dan Daerah Kepada Para Calon Hakim Di Lingkungan Peradilan Umum, Bertempat Di Auditorium Badan Strategi Kebijakan Dan Diklat Kumdil, Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

      para Calon Hakim, Selain Akan Memutus Perkara Dan Melakukan Mediasi, Juga Adalah Calon Pimpinan Pengadilan. Karena Itu Mereka Perlu Dibekali Tentang Dasar Manajemen Pengelolaan Anggaran Dan Keuangan. Materi-materi Terkait Manajemen Ini Diberikan Pada Diklat Program Pendidikan Calon Hakim (ppch) Terpadu Peradilan Umum Yang Dilaksanakan Secara Tatap Muka (penyampaian Materi Secara Klasikal) Pada 26 Mei S.d. 5 Juli 2024.

      dalam Kesempatan Ini Sekretaris Ditjen Badilum Memaparkan Bagaimana Kedudukan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Sebagai Unit Eselon I Dalam Melakukan Pembinaan Terhadap Anggaran Dipa 03 Untuk Perencanaan, Penyusunan, Pelaksanaan Dan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Serta Struktur Anggaran Yang Ada Di Pusat Dan Daerah. Diharapkan Dengan Materi Ini, Para Calon Hakim Dapat Memahami Proses Tersebut Di Satuan Kerja Pengadilan Negeri Masing-masing.

    • Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Hadiri Acara Wisuda Purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Pontianak

      pada Hari Senin, 3 Juni 2024, Dilaksanakan Wisuda Purnabakti Untuk Melepas Ketua Pengadilan Tinggi Pontianak, Muefri, S.h., M.h. Yang Memasuki Masa Pensiun. Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., Berkesempatan Menghadiri Kegiatan Wisuda Purnabakti Ini.

      kegiatan Wisuda Purnabakti Dipimpin Langsung Oleh Ketua Mahkamah Agung Ri, Y.m. Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin, S.h., M.h., Berlangsung Di Pendopo Kantor Gubernur Kalimantan Barat Di Kota Pontianak. kegiatan Ini Merupakan Bentuk Apresiasi Mahkamah Agung Ri Terhadap Pengabdian Dan Prestasi Ketua Pengadilan Tinggi Pontianak Selama Karirnya Sebagai Hakim Dan Pimpinan Peradilan. Hadir Dalam Wisuda Purnabakti Ini, Pimpinan Mahkamah Agung Ri, Para Hakim Tinggi, Pejabat Dan Pimpinan Pengadilan Negeri Di Wilayah Pengadilan Tinggi Pontianak.

    • Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Dampingi Ketua Mahkamah Agung Tinjau Layanan Pengadilan Negeri Pontianak

      dalam Rangkaian Kunjungan Di Provinsi Kalimantan Barat, Ketua Mahkamah Agung Ri Y.m. Prof. Dr. H.m Syarifuddin, S.h., M.h Berkesempatan Mengunjungi Pengadilan Negeri Pontianak, Pada Hari Senin, 3 Juni 2024. Beliau Didampingi Wakil Ketua Mahkamah Agung Ri Bidang Non Yudisial Y.m. H. Suharto, S.h., M.hum. 

      dalam Kunjungan Ini, Ketua Mahkamah Agung Ri Juga Disertai Oleh Ketua Kamar Pengawasan Mahkamah Agung Ri, Y.m. H. Dwiarso Budi Santiarto, S.h., M.hum, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h. M.h., Panitera Mahkamah Agung Ri, Dr. Heru Pramono, S.h., M.hum. Dan Ketua Pengadilan Tinggi Pontianak, Muefri, S.h. M.h.

      didampingi Ketua Pengadilan Negeri Pontianak, Dr. H. Akhmad Fijiarsyah Joko Sutrisno, S.h, M.h. Para Pimpinan Mahkamah Agung Ri Meninjau Kegiatan Di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (ptsp) Pada Pengadilan Negeri Pontianak. para Pimpinan Mahkamah Agung Ri Kemudian Melihat Kondisi Ruang Sidang Serta meninjau Pojok E-court Dan Berdiskusi Dengan Pegawai Pada Pengadilan Negeri Pontianak. 

    • Bersama Bkn Dan Sekretariat Negara, Ditjen Badilum Lakukan Rapat Koordinasi Penyelesaian Pensiun Hakim

      direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Memberikan Pelayanan Administrasi Kepegawaian Bagi Para Hakim Dan Aparat Pengadilan, Antara Lain  penyelesaian Proses Pemberhentian Sebagai Pegawai Negeri Sipil Dan Pemberhentian Dari Jabatan Sebagai Hakim. Proses Administrasi Ini Dilakukan Untuk Memberikan Hak-hak Kepegawaian, Seperti Uang Pensiun Dan Biaya Mutasi Dan Pemulangan. Karena Pentingnya Layanan administrasi Kepegawaian Ini, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Senantiasa Melakukan Kerjasama Dengan Instansi Terkait, Yaitu biro Kepegawaian Mahkamah Agung Ri Dan badan Kepegawaian Negara (bkn).

      rapat Koordinasi Antara Ditjen Badilum Dan Bkn Ini Dilakukan Pada senin S.d. Rabu, 27 S.d. 29 Mei 2024 Bertempat Di Grand Aston Rasuna Said, Jakarta. Kegiatan penyelesaian Proses Pemberhentian Sebagai Pegawai Negeri Sipil Dan Pemberhentian Dari Jabatan Sebagai Hakim Di Lingkungan Peradilan Umum Ini Dibuka Oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum, Hasanudin, S.h., M.h.

      kegiaatan Diikuti Oleh Para Analis Sumber Daya Manusia Aparatur Dan Para Petugas Yang Bertanggung Jawab Terkait Layanan Kepegawaian Dari Ditjen Badilum Dan Bkn. Diharapkan Dengan Kegiatan Ini Hak-hak Pensiun Para Hakim Dan Aparat Pengadilan Lainnya Dapat Diterima Tepat Waktu.

    • Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum Pimpin Penilaian Ampuh Di Pengadilan Tinggi Papua Barat

      program Sertifikasi Mutu Pengadilan Unggul Dan Tangguh (ampuh) Di Lingkungan Peradilan Umum Merupakan Salah Satu Kebijakan Utama Ditjen Badilum Mahkamah Agung Ri Untuk Menjamin Kualitas Pelayanan Pada Pencari Keadilan Di Pengadilan Negeri Dan Pengadilan Tinggi. Di Tahun 2024 Ini, Mulai Dilaksanakan Kegiatan Penilaian Ampuh Oleh Ditjen Badilum.

      pada Tanggal 4 S.d. 7 Juni 2024 Mulai Dilaksanakan Penilaian Ampuh Di Pengadilan tinggi Papua Barat. Kegiatan Asesmen Ini Dibuka Oleh Ketua Pengadilan Tinggi Papua Barat, dr. budi Santoso, s.h., m.h. Dan direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum, Zahlisa Vitalita, S.h., M.h., dengan Dihadiri Para Hakim Tinggi, Pejabat Dan Pegawai Di pengadilan tinggi Papua Barat.

      kegiatan Asesmen Ini Akan Dilaksanakan Untuk Melihat Bagaimana Pelaksanaan Layanan Pada Pencari Keadilan Ini pengadilan tinggi Papua Barat, Dengan Berpegang Pada Pedoman Ampuh Yang Telah Dirumuskan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum. Diharapkan Dengan Kerangka Ampuh Ini, Pemberian Layanan Dan Pelaksanaan Tugas Fungsi Dapat Terlaksana Dengan Baik Dan Sesuai Peraturan-peraturan Mahkamah Agung Ri.

    • Ditjen Badilum Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

      "pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045" Merupakan Tema Yang Diusung Oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Untuk Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun Ini. Untuk Mendukung Tema Tersebut Sekaligus Menunjukkan Semangat Dan Implementasi Pancasila Itu Sendiri, Seluruh Pejabat Dan Pegawai Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Yang Diselenggarakan Oleh Mahkamah Agung Ri Pada Sabtu, 1 Juni 2024. Upacara Dipimpin Oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Ri Bidang Yudisial, Dr. H. Sunarto, S.h., M.h. Turut Hadir Pada Upacara Tersebut Para Pimpinan Mahkamah Agung Ri, Hakim Agung, Dan Pimpinan Eselon I Di Lingkungan Mahkamah Agung Ri, Termasuk Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Upacara Berlangsung Dengan Khidmat Dan Diikuti Oleh Para Peserta Dengan Tertib.  

    • Beri Motivasi, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Kunjungi Pengadilan Negeri Padang

      sebelum Menghadiri Acara Wisuda Purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Padang, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h., Menyempatkan Diri Untuk Melakukan Kunjungan Ke Pengadilan Negeri Padang Pada Kamis, 30 Mei 2024. Dalam Kunjungan Tersebut, Rombongan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Disambut Oleh Ketua Pengadilan Negeri Padang, Syafrizal, S.h. Pada Kesempatan Tersebut, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Meninjau Kondisi Pengadilan, Seperti Sarana Dan Prasarana, Kondisi Administrasi, Dan Pelayanan Pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (ptsp). Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Juga Menyempatkan Untuk Berdiskusi Dengan Para Aparatur Peradilan, Serta Bertemu Dengan Para Calon Hakim Yang Sedang Bertugas Pada Pengadilan Negeri Padang. Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Memberikan Motivasi Sekaligus Berpesan Agar Para Calon Hakim Dapat Melaksanakan Tugasnya Dengan Baik Dan Senantiasa Menjaga Integritas Dalam Melaksanakan Tugas.  

    • Sebanyak 52 Peserta Ikuti Penilaian Hakim Tinggi Pengawas Daerah Terbaik Tahun 2024

      untuk Memastikan Kualitas Pelayanan Dan Kinerja, Dilaksanakan Pengawasan Dan berjenjang Oleh Pengadilan Tinggi Ke Pengadilan Negeri. Ditjen Badilum Berupaya Memperkuat Pengawasan Yang Dilakukan Oleh Hakim Tinggi Pengawas Daerah (hatiwasda), Dengan Melakukan Penilaian Untuk Memilih  hakim Tinggi Pengawas Daerah Terbaik.

      untuk Tahun 2024 Ini, Telah Dilakukan Seleksi Administrasi Dan Data Dukung Untuk Memilih Hakim Tinggi Pengawas Daerah Yang Memenuhi Kriteria. Sebanyak 52 (lima Puluh Dua) Hakim Tinggi Kemudian Mengikuti Tahap Selanjutnya, Yaitu Penilaian Secara Online.

       penilaian Ini Dilaksanakan Pada Selasa, 28 Mei 2024, Dengan Dibuka Oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum, Hasanudin, S.h., M.h.

      penilaian Online Ini Terbagi Menjadi 2 Tahap. Pada Tahap Pertama, Dilakukan Penilaian Terkait Tugas Dan Fungsi Hakim Tinggi Pengawas Daerah. Sementara Di Tahap Berikutnya Dilakukan Wawancara Oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Ri.

    • Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Hadiri Acara Wisuda Purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Padang

      pada Hari Jumat, 31 Mei 2024, dilaksanakan wisuda Purnabakti Untuk Melepas Ketua Pengadilan Tinggi Padang dr. Ridwan Ramli, S.h., M.h. Yang Memasuki Masa Pensiun. Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum H. Bambang Myanto, S.h., Berkesempatan Menghadiri Kegiatan Wisuda Purnabakti Yang Dipimpin Langsung Oleh Ketua Mahkamah Agung Ri, Y.m. Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin,s.h.,m.h. kegiatan Ini Berlangsung Di pengadilan Tinggi Padang, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. kegiatan Ini Merupakan Bentuk Apresiasi Mahkamah Agung Ri Terhadap Pengabdian Dan Prestasi ketua Pengadilan Tinggi Padang Selama Karirnya Sebagai Hakim Dan Pimpinan Peradilan. Hadir Dalam Wisuda Purnabakti Ini, Pimpinan Mahkamah Agung Ri, Para Hakim Tinggi Pada pengadilan Tinggi Padang, Pejabat Dan Pimpinan Pengadilan Negeri Di Wilayah pengadilan Tinggi Padang.

    • Jalin Kerja Sama Dan Silaturahim, Ditjen Badilum Selenggarakan Rapat Bersama Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Di Empat Lingkungan Peradilan

      dalam Rangka Menjalin Silaturahim Dan Merencanakan Kerja Sama Antara Keempat Lingkungan Peradilan, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum, Hasanudin, S.h., M.h., Menginisiasi Rapat Bersama Dengan Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Pada Empat Lingkungan Peradilan Pada Senin, 27 Mei 2024. Bertempat Di Ruang Rapat Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum, Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Ri Lantai 5, Rapat Ini Dihadiri Oleh Keempat Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan, Yaitu:

      Hasanudin, S.h., M.h. (direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum); Dr. H. Candra Boy Seroza, S.ag., M.ag. (direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama); Marsekal Pertama Tni Edi Wuryanto, S.i.p., C.fr.a. (direktur Pembinaan Tenaga Teknis Dan Administrasi Peradilan Militer); Dan Dr. H. Hari Sugiharto, S.h., M.h. (direktur Pembinaan Tenaga Teknis Dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara.

      adapun Yang Menjadi Topik Dari Rapat Iniadalah Monitoring Dan Evaluasi Pla Mutasi Hakim, Panitera, Dan Jurusita. Rencananya, Para Direktur Akan Mencoba Menyusun Draft Sk Kma Terbaru Untuk Menggantikan Sk Kma Tahun 2013 Tentang Pola Mutasi Kepaniteraan. Dalam Rapat Ini, Para Direktur Sepakat Untuk Melakukan Pertemuan/rapat Secara Rutin Guna Mempererat Tali Silaturahim Keempat Lingkungan Peradilan. Selain Itu, Rapat Ini Juga Membahas Mengenai Urgensi Terkait Peraturan Pemerintah Atau Peraturan Presiden Tentang Aparatur Sipil Negara Pada Bidang Teknis Kekuasaan Kehakiman Dengan Tujuan Untuk Memperjelas Kedudukan Dan Status Panitera Dan Jurusita.

    • Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Hadiri Wisuda Purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Bandung Oleh Ketua Mahkamah Agung

      pada Hari Selasa, 28 Mei 2024, dilaksanakan wisuda Purnabakti Untuk Melepas Ketua Pengadilan Tinggi Bandung dr. Syahrial Sidik, S.h., M.h. Yang Memasuki Masa Pensiun. Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum H. Bambang Myanto, S.h., Berkesempatan Menghadiri Kegiatan Wisuda Purnabakti Yang Dipimpin Langsung Oleh Ketua Mahkamah Agung Ri, Y.m. Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin,sh.,mh Ini. Kegiatan Ini Berlangsung Di pengadilan Tinggi Bandung, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat

      kegiatan Ini Merupakan Bentuk Apresiasi Mahkamah Agung Ri Terhadap Pengabdian Dan Prestasi ketua Pengadilan Tinggi Bandung Selama Karirnya Sebagai Hakim Dan Pimpinan Peradilan. Hadir Dalam Wisuda Purnabakti Ini, Para Hakim Tinggi Pada pengadilan Tinggi Bandung, Pejabat Dan Pimpinan Pengadilan Negeri Di Wilayah pengadilan Tinggi Bandung.

      sebelum Menjalankan Tugas Sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Bandung, Beliau Juga Pernah Mendapatkan Berbagai Amanah Di Lingkungan Peradilan Umum, Yaitu Sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dan Ketua Pengadilan Tinggi Palangkaraya, Serta Sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Di Pengadilan Tinggi Jakarta, pengadilan Tinggi Kalimantan Timur Dan pengadilan Tinggi Jambi. Beliau Juga Pernah Menjabat Sebagai Ketua Pengadilan Negeri Di pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Pengadilan Negeri Pangkal Pinang Dan Pengadilan Negeri Pasuruan.

  • Berita Pengumuman Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Penyelesaian Terhadap Eksekusi Yang Tidak Ada Tindak Lanjut Dari Pemohon Eksekusi

    • Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Dampingi Ketua Mahkamah Agung Resmikan Ruang Sidang Pengadilan Tinggi Surabaya

      dalam Rangkaian Kegiatan Di Surabaya Hari Senin, 10 Juni 2024, Ketua Mahkamah Agung Ri, Ym Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.h., M.h. Berkunjung Ke Pengadilan Tinggi Surabaya Didampingi Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Para Pimpinan Mahkamah Agung Ri Ini Disambut Oleh Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya Dr. H. Kresna Menon, S.h., M.hum.

      kunjungan Ini Dalam Rangka Meninjau Pelayanan Sekaligus Meresmikan Ruang Sidang Utama Pada Pengadilan Tinggi Surabaya. Peresmian Ruang Sidang Utama Ini Dihadiri Oleh Para Hakim Tinggi, Pejabat Struktural Dan Fungsuional, Serta Pegawai Pengadilan Tinggi Surabaya.

      pada Kesempatan Ini, Ketua Mahkamah Agung Memberikan Persetujuan Nama Pada Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Surabaya, Yang Diberi Nama Ruang Sidang Utama Prof. Dr. H. M. Syarifudin, S.h., M.h. beliau Berharap Ruang Sidang Ini Dapat Dimanfaatkan Sebaik Mungkin Untuk Pemberian Layanan Bagi Pencari Keadilan.

    • Ditjen Badilum Mengucapkan Selamat Kepada Wakil Ketua Mahkamah Agung Ri Bidang Yudisial Atas Pengukuhan Sebagai Guru Besar Kehormatan Universitas Airlangga

      pada Hari Senin, 10 Juni 2024, wakil Ketua Mahkamah Agung Ri Bidang Yudisial, ym Prof. Dr. H. Sunarto, S.h., M.h. Menerima pengukuhan Sebagai Guru Besar Kehormatan Universitas Airlangga. Pengukuhan Ini Merupakan Bentuk Apresiasi Dari Universitas Airlangga Atas Pengabdian Ym Wakil Ketua Mahkamah Agung Ri Di Bidang Hukum Selama Ini.

      kegiatan Pengukuhan Ini Berlangsung Di Aula Garuda Mukti Kampus C Universitas Airlangga, Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Kegiatan Pengukuhan Dipimpin Langsung Rektor Universitas Airlangga prof. Dr. Mohammad Nasih  Dan Dihadiri ketua Mahkamah Agung Ri, Ym Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.h., M.h.

      pada Pengukuhan Ini, ym Wakil Ketua Mahkamah Agung Ri Membawakan Pidato Dengan Judul "makna Hukum Dan Keadilan Dalam Perkara Perdata". Kegiatan Pengukuhan Selain Diikuti Oleh Para Insan Peradilan, Termasuk Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h., Juga Dihadiri Pula Secara Daring (online) Oleh Perwakilan Dari Negara Sahabat, Seperti Dari Mahkamah Agung Malaysia Dan Federal And Family Court Australia.

    • Dirjen Badilum Terima Kunjungan Ketua Pengadilan Tinggi Dki Jakarta

      dalam Rangka Menjalin Silaturahim Sekaligus Konsultasi Terkait Kondisi Satuan Kerja, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h., Didampingi Oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, Kurnia Arry Soelaksono, S.e., S.h., M.hum. Dan Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum, Hasanudin, S.h., M.h., Menerima Kunjungan Dari Ketua Pengadilan Tinggi Dki Jakarta, Dr, H. Herri Swantoro, S.h., M.h. Pada Jumat, 7 Juni 2024. Dalam Kunjungan Yang Disambut Dengan Hangat Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Ketua Pengadilan Tinggi Dki Jakarta Didampingi Oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Dki Jakarta, dr. Pontas Effendi, S.h., M.h., Berbincang Mengenai Kondisi Terkini Satuan Kerja Yang Dipimpinnya. Selain Itu, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Juga Mengajak Ketua Pengadilan Tinggi Dki Jakarta & Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Dki Jakarta Untuk Meninjau Ruang Command Center Ditjen Badilum Serta Aplikasi Satu Jari. Dalam Kesempatan Tersebut, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Menjelaskan Mekanisme Pemantauan Menggunakan Aplikasi Satu Jari Dan Bagaimana Para Pegawai Yang Bertugas Memantau Kemudian Melaporkan Hasilnya Untuk Digunakan Sebagai Bahan Dalam Penentuan Kebijakan Dan Pengambilan Keputusan. 

    • Ditjen Badilum Dan Pengadilan Negeri Manokwari Lakukan Penilaian Ampuh

      dengan Dilaksanakannya Program Sertifikasi Mutu Pengadilan Unggul Dan Tangguh (ampuh), Maka Ditjen Badilum Mulai Melaksanakan Penilaian Layanan Pada Pengadilan Negeri Dan Pengadilan Tinggi. Kali Ini Penilaian Di Pengadilan Negeri Manokwari Oleh Tim Ditjen Badilum Yang Dipimpin Direktur Pembinaan Peradilan Umum, Zahlisa Vitalita, S.h., M.h.

      penilaian Ampuh Yang Dilaksanakan Pada Hari Rabu, 5 Juni 2024 Ini Dihadiri Langsung Oleh Ketua Pengadilan Negeri Manokwari, Berlinda Ursula Mayor, S.h., L.l.m. Penilaian Ampuh Ini Bertujuan Memastikan Agar Pemberian Layanan Dan Pelaksanaan Tugas Fungsi Terlaksana Baik Sesuai Peraturan-peraturan Mahkamah Agung Ri. 

      penilaian Sertifikasi Mutu Pengadilan Unggul Dan Tangguh (ampuh) Ini Diikuti Oleh Para Hakim, Sekretaris, Panitera, Pejabat Dan Pegawai Di Pengadilan Negeri Manokwari. dengan Penilaian Ampuh Ini, Diharapkan Dapat Terus Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Pencari Keadilan Yang Diberikan Oleh Pengadilan Negeri Manokwari.

    • Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Dampingi Ketua Mahkamah Agung Tinjau Layanan Pengadilan Negeri Pontianak

      dalam Rangkaian Kunjungan Di Provinsi Kalimantan Barat, Ketua Mahkamah Agung Ri Y.m. Prof. Dr. H.m Syarifuddin, S.h., M.h Berkesempatan Mengunjungi Pengadilan Negeri Pontianak, Pada Hari Senin, 3 Juni 2024. Beliau Didampingi Wakil Ketua Mahkamah Agung Ri Bidang Non Yudisial Y.m. H. Suharto, S.h., M.hum. 

      dalam Kunjungan Ini, Ketua Mahkamah Agung Ri Juga Disertai Oleh Ketua Kamar Pengawasan Mahkamah Agung Ri, Y.m. H. Dwiarso Budi Santiarto, S.h., M.hum, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h. M.h., Panitera Mahkamah Agung Ri, Dr. Heru Pramono, S.h., M.hum. Dan Ketua Pengadilan Tinggi Pontianak, Muefri, S.h. M.h.

      didampingi Ketua Pengadilan Negeri Pontianak, Dr. H. Akhmad Fijiarsyah Joko Sutrisno, S.h, M.h. Para Pimpinan Mahkamah Agung Ri Meninjau Kegiatan Di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (ptsp) Pada Pengadilan Negeri Pontianak. para Pimpinan Mahkamah Agung Ri Kemudian Melihat Kondisi Ruang Sidang Serta meninjau Pojok E-court Dan Berdiskusi Dengan Pegawai Pada Pengadilan Negeri Pontianak. 

    • Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Hadiri Acara Wisuda Purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Pontianak

      pada Hari Senin, 3 Juni 2024, Dilaksanakan Wisuda Purnabakti Untuk Melepas Ketua Pengadilan Tinggi Pontianak, Muefri, S.h., M.h. Yang Memasuki Masa Pensiun. Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., Berkesempatan Menghadiri Kegiatan Wisuda Purnabakti Ini.

      kegiatan Wisuda Purnabakti Dipimpin Langsung Oleh Ketua Mahkamah Agung Ri, Y.m. Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin, S.h., M.h., Berlangsung Di Pendopo Kantor Gubernur Kalimantan Barat Di Kota Pontianak. kegiatan Ini Merupakan Bentuk Apresiasi Mahkamah Agung Ri Terhadap Pengabdian Dan Prestasi Ketua Pengadilan Tinggi Pontianak Selama Karirnya Sebagai Hakim Dan Pimpinan Peradilan. Hadir Dalam Wisuda Purnabakti Ini, Pimpinan Mahkamah Agung Ri, Para Hakim Tinggi, Pejabat Dan Pimpinan Pengadilan Negeri Di Wilayah Pengadilan Tinggi Pontianak.

    • Sekretaris Ditjen Badilum Sampaikan Materi Pengelolaan Anggaran Ke Para Calon Hakim Peradilan Umum

      pada Hari Selasa, 4 Juni 2024, Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agugn Ri, kurnia Arry Soelaksono, S.e., S.h. M.hum Menyampaikan Materi Perencanaan, Penyusunan, Dan Revisi Anggaran Pusat Dan Daerah Kepada Para Calon Hakim Di Lingkungan Peradilan Umum, Bertempat Di Auditorium Badan Strategi Kebijakan Dan Diklat Kumdil, Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

      para Calon Hakim, Selain Akan Memutus Perkara Dan Melakukan Mediasi, Juga Adalah Calon Pimpinan Pengadilan. Karena Itu Mereka Perlu Dibekali Tentang Dasar Manajemen Pengelolaan Anggaran Dan Keuangan. Materi-materi Terkait Manajemen Ini Diberikan Pada Diklat Program Pendidikan Calon Hakim (ppch) Terpadu Peradilan Umum Yang Dilaksanakan Secara Tatap Muka (penyampaian Materi Secara Klasikal) Pada 26 Mei S.d. 5 Juli 2024.

      dalam Kesempatan Ini Sekretaris Ditjen Badilum Memaparkan Bagaimana Kedudukan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Sebagai Unit Eselon I Dalam Melakukan Pembinaan Terhadap Anggaran Dipa 03 Untuk Perencanaan, Penyusunan, Pelaksanaan Dan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Serta Struktur Anggaran Yang Ada Di Pusat Dan Daerah. Diharapkan Dengan Materi Ini, Para Calon Hakim Dapat Memahami Proses Tersebut Di Satuan Kerja Pengadilan Negeri Masing-masing.

    • Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum Pimpin Penilaian Ampuh Di Pengadilan Tinggi Papua Barat

      program Sertifikasi Mutu Pengadilan Unggul Dan Tangguh (ampuh) Di Lingkungan Peradilan Umum Merupakan Salah Satu Kebijakan Utama Ditjen Badilum Mahkamah Agung Ri Untuk Menjamin Kualitas Pelayanan Pada Pencari Keadilan Di Pengadilan Negeri Dan Pengadilan Tinggi. Di Tahun 2024 Ini, Mulai Dilaksanakan Kegiatan Penilaian Ampuh Oleh Ditjen Badilum.

      pada Tanggal 4 S.d. 7 Juni 2024 Mulai Dilaksanakan Penilaian Ampuh Di Pengadilan tinggi Papua Barat. Kegiatan Asesmen Ini Dibuka Oleh Ketua Pengadilan Tinggi Papua Barat, dr. budi Santoso, s.h., m.h. Dan direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum, Zahlisa Vitalita, S.h., M.h., dengan Dihadiri Para Hakim Tinggi, Pejabat Dan Pegawai Di pengadilan tinggi Papua Barat.

      kegiatan Asesmen Ini Akan Dilaksanakan Untuk Melihat Bagaimana Pelaksanaan Layanan Pada Pencari Keadilan Ini pengadilan tinggi Papua Barat, Dengan Berpegang Pada Pedoman Ampuh Yang Telah Dirumuskan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum. Diharapkan Dengan Kerangka Ampuh Ini, Pemberian Layanan Dan Pelaksanaan Tugas Fungsi Dapat Terlaksana Dengan Baik Dan Sesuai Peraturan-peraturan Mahkamah Agung Ri.

    • Himbauan Untuk Memberikan Dukungan Terhadap Akun Resmi Media Sosial Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum

    • Bersama Bkn Dan Sekretariat Negara, Ditjen Badilum Lakukan Rapat Koordinasi Penyelesaian Pensiun Hakim

      direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Memberikan Pelayanan Administrasi Kepegawaian Bagi Para Hakim Dan Aparat Pengadilan, Antara Lain  penyelesaian Proses Pemberhentian Sebagai Pegawai Negeri Sipil Dan Pemberhentian Dari Jabatan Sebagai Hakim. Proses Administrasi Ini Dilakukan Untuk Memberikan Hak-hak Kepegawaian, Seperti Uang Pensiun Dan Biaya Mutasi Dan Pemulangan. Karena Pentingnya Layanan administrasi Kepegawaian Ini, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Senantiasa Melakukan Kerjasama Dengan Instansi Terkait, Yaitu biro Kepegawaian Mahkamah Agung Ri Dan badan Kepegawaian Negara (bkn).

      rapat Koordinasi Antara Ditjen Badilum Dan Bkn Ini Dilakukan Pada senin S.d. Rabu, 27 S.d. 29 Mei 2024 Bertempat Di Grand Aston Rasuna Said, Jakarta. Kegiatan penyelesaian Proses Pemberhentian Sebagai Pegawai Negeri Sipil Dan Pemberhentian Dari Jabatan Sebagai Hakim Di Lingkungan Peradilan Umum Ini Dibuka Oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum, Hasanudin, S.h., M.h.

      kegiaatan Diikuti Oleh Para Analis Sumber Daya Manusia Aparatur Dan Para Petugas Yang Bertanggung Jawab Terkait Layanan Kepegawaian Dari Ditjen Badilum Dan Bkn. Diharapkan Dengan Kegiatan Ini Hak-hak Pensiun Para Hakim Dan Aparat Pengadilan Lainnya Dapat Diterima Tepat Waktu.

    • Sebanyak 52 Peserta Ikuti Penilaian Hakim Tinggi Pengawas Daerah Terbaik Tahun 2024

      untuk Memastikan Kualitas Pelayanan Dan Kinerja, Dilaksanakan Pengawasan Dan berjenjang Oleh Pengadilan Tinggi Ke Pengadilan Negeri. Ditjen Badilum Berupaya Memperkuat Pengawasan Yang Dilakukan Oleh Hakim Tinggi Pengawas Daerah (hatiwasda), Dengan Melakukan Penilaian Untuk Memilih  hakim Tinggi Pengawas Daerah Terbaik.

      untuk Tahun 2024 Ini, Telah Dilakukan Seleksi Administrasi Dan Data Dukung Untuk Memilih Hakim Tinggi Pengawas Daerah Yang Memenuhi Kriteria. Sebanyak 52 (lima Puluh Dua) Hakim Tinggi Kemudian Mengikuti Tahap Selanjutnya, Yaitu Penilaian Secara Online.

       penilaian Ini Dilaksanakan Pada Selasa, 28 Mei 2024, Dengan Dibuka Oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum, Hasanudin, S.h., M.h.

      penilaian Online Ini Terbagi Menjadi 2 Tahap. Pada Tahap Pertama, Dilakukan Penilaian Terkait Tugas Dan Fungsi Hakim Tinggi Pengawas Daerah. Sementara Di Tahap Berikutnya Dilakukan Wawancara Oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Ri.

    • Ditjen Badilum Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

      "pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045" Merupakan Tema Yang Diusung Oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Untuk Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun Ini. Untuk Mendukung Tema Tersebut Sekaligus Menunjukkan Semangat Dan Implementasi Pancasila Itu Sendiri, Seluruh Pejabat Dan Pegawai Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Yang Diselenggarakan Oleh Mahkamah Agung Ri Pada Sabtu, 1 Juni 2024. Upacara Dipimpin Oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Ri Bidang Yudisial, Dr. H. Sunarto, S.h., M.h. Turut Hadir Pada Upacara Tersebut Para Pimpinan Mahkamah Agung Ri, Hakim Agung, Dan Pimpinan Eselon I Di Lingkungan Mahkamah Agung Ri, Termasuk Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Upacara Berlangsung Dengan Khidmat Dan Diikuti Oleh Para Peserta Dengan Tertib.  

    • Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Hadiri Acara Wisuda Purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Padang

      pada Hari Jumat, 31 Mei 2024, dilaksanakan wisuda Purnabakti Untuk Melepas Ketua Pengadilan Tinggi Padang dr. Ridwan Ramli, S.h., M.h. Yang Memasuki Masa Pensiun. Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum H. Bambang Myanto, S.h., Berkesempatan Menghadiri Kegiatan Wisuda Purnabakti Yang Dipimpin Langsung Oleh Ketua Mahkamah Agung Ri, Y.m. Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin,s.h.,m.h. kegiatan Ini Berlangsung Di pengadilan Tinggi Padang, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. kegiatan Ini Merupakan Bentuk Apresiasi Mahkamah Agung Ri Terhadap Pengabdian Dan Prestasi ketua Pengadilan Tinggi Padang Selama Karirnya Sebagai Hakim Dan Pimpinan Peradilan. Hadir Dalam Wisuda Purnabakti Ini, Pimpinan Mahkamah Agung Ri, Para Hakim Tinggi Pada pengadilan Tinggi Padang, Pejabat Dan Pimpinan Pengadilan Negeri Di Wilayah pengadilan Tinggi Padang.

    • Beri Motivasi, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Kunjungi Pengadilan Negeri Padang

      sebelum Menghadiri Acara Wisuda Purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Padang, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h., Menyempatkan Diri Untuk Melakukan Kunjungan Ke Pengadilan Negeri Padang Pada Kamis, 30 Mei 2024. Dalam Kunjungan Tersebut, Rombongan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Disambut Oleh Ketua Pengadilan Negeri Padang, Syafrizal, S.h. Pada Kesempatan Tersebut, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Meninjau Kondisi Pengadilan, Seperti Sarana Dan Prasarana, Kondisi Administrasi, Dan Pelayanan Pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (ptsp). Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Juga Menyempatkan Untuk Berdiskusi Dengan Para Aparatur Peradilan, Serta Bertemu Dengan Para Calon Hakim Yang Sedang Bertugas Pada Pengadilan Negeri Padang. Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Memberikan Motivasi Sekaligus Berpesan Agar Para Calon Hakim Dapat Melaksanakan Tugasnya Dengan Baik Dan Senantiasa Menjaga Integritas Dalam Melaksanakan Tugas.  










Open chat