berakhlak
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Kepahiang

Jl. Aipda Mu'an, Komplek Perkantoran Pemkab Kepahiang, Bengkulu

E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengajuan Surat Keterangan

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum

Komunikasi Data Nasional

Perpustakaan Pengadilan Negeri Kepahiang

Sistem Informasi Kepegawaian

Portal Sistem Informasi Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sistem Informasi PNBP Online

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Kepahiang

Sistem Informasi Pengawasan Mahkamah Agung RI

tilang

Berita Badan Peradilan Umum

Berita Badan Peradilan Umum

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Play”]

Berikut ini adalah berita terbaru Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia.

berisikan tentang Informasi Berita dan Informasi Pengumuman dari Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung.

  • Berita Informasi Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Pengelola Keuangan Di Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Terima Materi Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran (ikpa) Dan Rencana Penarikan Dana (rpd) Dari Kppn Jakarta Vi

      dalam Rangkaian Kegiatan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Dan Koordinasi Pelaksanaan Anggaran Ta, Pada Hari Kamis, 29 Februari 2024, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengadakan Sosialisasi Kepada Para Pengelola Keuangan Seluruh Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Secara Daring (online) Terkait Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara (apbn).

      hadir Dalam Kediatan Ini Pemateri Yaitu Istianah, S.e., M.s.i. Dan bramastoro Rio Pratama, Yang Merupakan Pembina Teknis Perbendaharaan Negara Dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (kppn) Jakarta Vi, Sedangkan Sebagai Peserta Hadir Secara Online Para Bendahara Dan Pengelola Keuangan Dari Seluruh Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri.

      materi Pada Kegiatan Ini Adalah Tentang Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran (ikpa) Dan Rencana Penarikan Dana (rpd), Serta Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah (kkp) Dalam Pelaksanaan Belanja Operasional Maupun Non-operasional Di Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri.

      penyusunan Rpd Yang Disusun Dengan Baik Akan Membantu Satuan Kerja Pengadilan, Karena Kegiatan Yang Derencanakan Dapat Dilaksanakan Tepat Waktu Dan Belanja Satuan Kerja Dapat Dibayarkan Tepat Waktu. Rpd Yang Sesuai Kebutuhan Satuan Kerja Juga Akan Memudahkan Kementerian Keuangan Dalam Menyediakan Dana Yang Dibutuhkan Kementerian Dan Lembaga.

      pada Kesempatan Ini, Para Pengelola Keuangan Di Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Juga Berkesempatan Berdiskusi, Seperti  Pembayaran Perjalanan Dinas, Serta Tentang Revisi Mata Anggaran Jika Target Kegiatan Sudah Dicapai.

    • Tingkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Apbn, Ditjen Badilum Adakan Kegiatan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Dan Koordinasi Pelaksanaan Anggaran Ta 2024

      sebagai Pertanggungjawaban Atas Pelaksanaan Anggaran Tahun 2023, Dan Dalam Rangka Menyusun Langkah-langkah Pada  Tahun Anggaran 2024, Maka ditjen Badilum Kembali Mengadakan Kegiatan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Dan Koordinasi Pelaksanaan Anggaran. Kegiatan Ini Dhadiri Oleh Para Pejabat Pembuat Komitmen (ppk), Bendahara Dan Pengelola Keuangan Ditjen Badilum, Serta Para Narasumber Dari Instansi Terkait.

      kegiatan Ini Dilaksanakan Di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta Pusat, Pada Tanggal 28 Februari S.d. 1 Maret 2024. Saat Membuka Acara Ini, Sekretaris Ditjen Badilum, Kurnia Arry Soelaksono, S.e., S.h., M.hum. Meminta Agar Para Pengelola Keuangan Dapat Menyampaikan Kendala Yang Dihadapi Dalam Tahun Anggaran 2023 Lalu Kepada Para Narasumber Untuk Dapat Dicarikan Solusinya Agar Pengelolaan Anggaran Di Ditjen Badilum Dapat Semakin Baik, Serta Untuk Meningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara (apbn) Di Ditjen Badilum.

      permasalahan Pengelolaan Keuangan Yang Dibahas Dalam Kegiatan Ini Misalnya Peraturan Terbaru Dari Kementerian Keuangan, Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah (kkp), Upaya Pengingkatan Penyerapan Anggaran, Perhitungan Biaya Mutasi Hakim, Dan  Proses Pembayaran perjalanan Dinas.

      pada Sesi Pertama Hari Rabu, 28 Februari 2024, Hadir Pemateri Dari direktorat Jenderal Perbendaharaan (djpb) Yang Membahas Peraturan Menteri Keuangan (pmk) nomor 119 Tahun 2023 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 113 Tahun 2012 Tentang Perjalanan Dinas Dalam Negeri Bagi Pejabat Negara, Pegawai Negeri, Dan Pegawai Tidak Tetap. Narasumber Menyampaikan Rencana Penerapan Sistem Perjalanan Dinas Elektronik, Dengan Sistem Geotagging Untuk Meningkatkan Transparansi Dan Akuntabilitas Perjalanan Dinas, Serta Mencegah Perjalanan Dinas Fiktif.

    • Jaring Calon Pimpinan Pengadilan Negeri Kelas Ii, Ditjen Badilum Adakan Uji Kepatutan Dan Kelayakan

      ditjen Badilum Kembali Menyelenggarakan Seleksi Uji Kepatutan Dan Kelayakan Atau Fit And Proper Test Bagi Calon Pimpinan Pengadilan Negeri Kelas Ii Tahun Anggaran 2024 Demi Mengisi Kekosongan Jabatan Yang Ada Saat Ini. Kegiatan Diselenggarakan Di Hotel Holiday Inn Resort Baruna, Bali Pada Tanggal 21 S.d. 22 Februari 2024. Kegiatan Dibuka Oleh Dorektur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h.sebanyak 61 Orang Hakim Di Lingkungan Peradilan Umum Mengikuti Seleksi Ini. Bertindak Sebagai Penguji Adalah Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum, Hasanudin, S.h., M.h., Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum, Zahlisa Vitalita, S.h., M.h., Dan Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, Kurnia Arry Soelaksono, S.e., S.h., M.hum. Pada Seleksi Ini, Sebanyak 45 Peserta Telah Dinyatakan Lulus.

      hasil Seleksi Ini Dapat Di Lihat Di: https://badilum.mahkamahagung.go.id/berita/pengumuman-surat-dinas/4215

    • Ditjen Badilum Berikan Bimbingan Teknis Perempuan Berhadapan Dengan Hukum Untuk Aparat Peradilan

      ditjen Badilum Kembali Menyelenggarakan Bimbingan Teknis Perempuan Berhadapan Dengan Hukum Di Lingkungan Peradilan Umum. Kegiatan Untuk Tahun Anggaran 2024 Ini Diadakan Di Hotel Santika Seminyak, Bali Pada Tanggal 21 S.d. 23 Februari 2024. Kegiatan Dibuka Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Dengan Didampingi Oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum, Hasanudin, S.h., M.h. Dan Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar, H. Mochamad Hatta, S.h., M.h.tujuan Dari Bimtek Ini Adalah Untuk Memastikan Keterlibatan Perempuan Yang Termasuk Dalam Kaum Rentan Berjalan Dengan Baik Dalam Proses Persidangan Maupun Dalam Pelayanan Hukum Di Lembaga Peradilan. Hadir Sebagai Narasumber Adalah Ketua Pengadilan Tinggi Palu, Dr. Hj. Nirwana, S.h., M.hum. Dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bandung, Dr. Hj. Diah Sulastri Dewi, S.h., M.h. Sebanyak 50 Orang Yang Terdiri Dari Hakim Tinggi, Pimpinan Pengadilan Tingkat Pertama, Hakim Pengadilan Tingkat Pertama, Perwakilan Dari Kejaksaan Dan Kepolisian Dari Wilayah Provinsi Bali Turut Hadir Mengikuti Bimtek Ini.

    • Di Hadapan Presiden, Ketua Mahkamah Agung Ri Sampaikan Capaian Dalam Laporan Tahunan 2023

      mahkamah Agung Ri Kembali Menggelar Sidang Istimewa, Dengan Agenda Tunggal Penyampaian Laporan Tahunan 2023. Kegiatan Ini Diselenggarakan Di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Pada Hari Selasa, 20 Februari 2024. 

      kegiatan Ini Diawali Dengan Penampilan Paduan Suara Universitas Diponegoro Yang Membawakan Lagu Nasional Dan Daerah. Kemudian, Para Ketua Pengadilan Tingkat Pertama Dan Tingkat Banding Dari 4 Lingkungan Pengadilan Memasuki Ruang Sidang Istimewa Dengan Mengenakan Toga Sesuai Lingkungan Peradilan Masing-masing. kemudian Para Pejabat Eselon I, Termasuk Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h., Mengikuti Prosesi Dengan Pakaian Sipil Lengkap (psl). kemudian, Dilanjutkan Dengan Prosesi Para hakim Agung Mahkamah Agung Ri.

      presiden Republik Indonesia, h. Ir. Joko Widodo Turut Menghadiri Sidang Istimewa Ini. capaian Instansi Selama Tahun 2023 Disampaikan Oleh Ketua Mahkamah Agung Ri, Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.h., M.h. beliau Pada Kesempatan Ini Menekankan Upaya Meningkatkan Integritas Aparat Peradilan Dan Kualitas Layanan Hukum Pada Masyarakat. Dalam Sambutannya, Presiden Republik Indonesia Juga Mengapresiasi Kinerja Mahkamah Agung Ri Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Hukum.

      kegiatan Ini Selain Diikuti Aparat Peradilan Juga Dihadiri Perwakilan Mahkamah Agung Dari Negara-negara Sahabat, Yaitu Dari Malaysia, Singapura, Australia, Qatar, Kuwait, China, Saudi Arabia Dan Rusia.

    • Selalu Ramai Pengunjung, Booth Ditjen Badilum Raih Juara 3 Pameran Kampung Hukum 2024

      walaupun Telah Memasuki Hari Kedua Sekaligus Hari Terakhir Pameran Kampung Hukum 2024, Antusiasme Dan Minat Pengunjung Sepertinya Belum Juga Surut. Hal Ini Terlihat Dari Booth Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Yang Tak Sepi Pengunjung Pada Selasa, 20 Februari 2024. Selain Dari Lingkungan Peradilan, Banyak Juga Masyarakat Umum Yang Mengunjungi booth ditjen Badilum seperti Mahasiswa, Akademisi, Dan Lainnya. Selain Itu, Beberapa Hakim Agung Juga Menyempatkan Diri Untuk Mengunjungi booth Ditjen Badilum, Di Antaranya, Yang Mulia Dr. Prim Haryadi, S.h., M.h., Yang Mulia Dr. Lucas Prakoso, S.h., M.hum., Yang Mulia Maria Anna Samiyati, S.h., M.h., Dan Yang Mulia Dr. Hj. Rahmi Mulyati, S.h., M.h. Selain Itu, Turut Mengunjungi booth ditjen Badilum Adalah Chief Justice Of Singapore, Sundaresh Menon, Beserta perwakilan Lainnya Dari Mahkamah Agung Singapura. 

      bersamaan Dengan Hari Terakhir Pameran Kampung Hukum 2024, Penutupan Dilakukan Oleh Rudy Sudianto, S.h., M.m., Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga Badan Urusan Administrasi. Selain Itu, Diumumkan Juga Pemenang Untuk Lomba booth terfavorit Dan booth terbaik. Pada Pengumuman Tersebut, Ditjen Badilum Berhasil Meraih Juara 3 booth terbaik Pada Pameran Kampung Hukum 2024. Pada Akhir Rangkaian Kegiatan Pameran Kampung Hukum 2024, Biro Hukum Dan Humas Mahkamah Agung Ri Menampilkan Hiburan Dengan Menghadirkan Band padi Reborn Yang Berhasil Mengguncang Ruang Cenderawasih Jakarta Convention Center Sekaligus Menyemarakkan Penutupan Pameran Kampung Hukum 2024 Kali Ini.

    • Vakum Selama 3 Tahun, Pameran Kampung Hukum Kembali Digelar

      "integritas Kuat, Peradilan Bermartabat" Merupakan Tema Yang Diangkat Dalam Pameran Kampung Hukum Mahkamah Agung Ri Tahun 2024 Yang Kembali Digelar Pada Tanggal 19 S.d. 20 Februari 2024. Bertempat Di Ruang Cenderawasih, Jakarta Convention Center, Jakarta, Pameran Diawali Dengan Doa, Lalu Dilanjutkan Dengan Sambutan Oleh Plt. Sekretaris Mahkamah Agung Ri, Sugiyanto, S.h., M.h. Serta Dibuka Secara Resmi Oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Ri, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h. Pada Sambutan Yang Diberikan Dalam Pembukaan Tersebut, Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Ri Berharap Agar Pameran Kampung Hukum 2024 Ini Dapat Menjadi Sarana Bagi Masyarakat Untuk Mengenal Produk-produk Hukum Dengan Kemasan Yang Lebih Menarik.  Kembali Digelar Setelah Tiga Tahun Vakum Akibat Wabah Covid-19, Pameran Ini Diikuti Oleh 31 Kementerian/lembaga Hukum, Organisasi Nonpemerintah, Dan Bank Mitra Yang Masing-masing Menunjukkan Kebijakan, Produk, Dan Inovasinya. Selain Pameran, Kegiatan Ini Juga Diisi Dengan talkshow Dari Berbagai Narasumber, Pagelaran Musik, Kuis, Dan Kegiatan Menarik Lainnya. Pameran Ini Terbuka Untuk Umum Dan Gratis Tanpa Biaya Masuk.

      adapun Peserta Pameran Dari Instansi Adalah:

      Mpr Ri Mahkamah Konstitusi Komisi Yudisial Kepolisian Ri Kementerian Hukum Dan Ham Otoritas Jasa Keuangan Lembaga Perlindungan Saksi Dan Korban Komisi Pemberantasan Korupsi Pusat Pelaporan Dan Analisis Transaksi Keuangan (ppatk) Komisi Pengawas Persaingan Usaha (kppu) Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum Dan Ham

      peserta Pameran Dari Organisasi Nonpemerintah, Di Antaranya:

      Tim Pembaruan Mahkamah Agung Australia Indonesia Partnership For Justice (aipj) United Nations Children's Fund (unicef) Indonesian Center For Environmental Law (icel) Jimly School Of Law And Government Japan Internasional Cooperation Agency (jica) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (lpdp)

      selain Itu, Pameran Juga Diikuti Oleh Tujuh Eselon I Di Lingkungan Mahkamah Agung Ri, Yaitu:

      Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umumdirektorat Jenderal Badan Peradilan Agamadirektorat Jenderal Badan Peradilan Militer Dan Tata Usaha Negarabadan Pengawasan badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Pendidikan Dan Pelatihan Hukum Dan Peradilankepaniteraan Mahkamah Agungbadan Urusan Administrasi klinik Kesehatan Mahkamah Agung

      peserta Pameran Dari Mitra Bank Mahkamah Agung, Yaitu:

      Bank Mandiribank Negara Indoensiabank Rakyat Indonesiabank Syariah Indonesabank Tabungan Negara
    • Ikut Meriahkan Dan Edukasi Masyarakat, Ditjen Badilum Hadir Pada Pameran Kampung Hukum 2024

      ikut Menyemarakkan Dan Memeriahkan Suasana Sekaligus Memperkenalkan Inovasi Dan Produk Kepada Masyarakat Pencari Keadilan, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Turut Membuka booth Pada Pameran Kampung Hukum 2024 Di Ruang Cenderawasih Jakarta Convention Center. Pada Hari Pertama, Tanggal 19 Februari 2024, Booth direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Kedatangan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Ri, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h. Dan Wakil Ketua Mahkamah Agung Ri Bidang Yudisial, Dr. H. Sunarto, S.h., M.h. Beserta Jajaran Pimpinan Mahkamah Agung Lainnya. Rombongan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Ri Disambut Langsung Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Beserta Istri Sekaligus Menyematkan Tanjak Dan Selendang Sebagai Simbol Selamat Datang. Pada Kesempatan Tersebut, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mengajak Rombongan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Ri Untuk Melihat Sejenak Inovasi Dan Produk Unggulan Dari Ditjen Badilum yang Telah Dikembangkan Dan Diimplementasikan. Pada Kesempatan Tersebut, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Memaparkan Beberapa Inovasi Unggulan, Di Antaranya: Aplikasi Satu Jari, Aplikasi lentera, Dan Sertifikasi Mutu Peradilan Unggul Dan Tangguh Atau Ampuh. di Akhir Kunjungannya, Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Ri Dan Yang Mulia Wakil Ketua Mahkamah Agung Ri Bidang Yudisial Menyempatkan Diri Untuk Menuliskan Pesan Dan Kesan Terhadap Ditjen Badilum Dan/atau Mengenai booth ditjen Badilum.

      selain Kunjungan Dari Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Ri Beserta Rombongan, booth ditjen Badilum Juga Mengadakan Kuis Singkat Yang Mengedukasi Para Pengunjung, Tentu Saja Tidak Lupa Dengan Pemberian Hadiah Berupa Cendera Mata Menarik, Seperti Payung, Gelas Mug, power Bank, Dan Sebagainya. Kuis Kali Ini Menghadirkan Bintang Tamu, Kiky Saputri, Selaku host Pada Sesi Kuis Kali Ini. Pembawaan Yang Jenaka Dari Para host Menarik Para Pengunjung Yang Terlihat Sangat Antusias Dalam Menjawab Pertanyaan Yang Diberikan. Hal Ini Menambah Semarak Suasana booth dari Ditjen Badilum Pada Hari Pertama Pameran Kampung Hukum 2024.

    • Dengan Bimbingan Teknis Pelayanan Hukum Disabilitas, Ditjen Badilum Tingkatkan Pelayanan Hukum Kalangan Rentan

      penyandang disabilitas memiliki Kedudukan hukum dan Hak Asasi Manusia Yang Sama Sebagai Warga Negara Indonesia. Namun Dengan Kondisinya, Mereka Menghadapi Resiko Mengalami Kesulitan Mendapatkan Layanan Hukum Di Pengadilan.

      oleh Karena Itu, Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Hukum Bagi Penyandang disabilitas, Maka Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Kembali Mengadakan Kegiatan Bimbingan Teknis Pelayanan Hukum Disabilitas. Untuk Tahun Anggaran 2024 Ini, Kegiatan Bimtek Tersebut Diadakan Pada Hari Senin-rabu, 5-7 Februari 2024, Bertempat Di The Sunan Hotel Solo, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

      kegiatan Yang Dihadiri Peserta Dari Kalangan Ketua Pengadilan Negeri Dan Sekretaris Pengadilan Negeri Di Wilayah Provinsi Jawa Tengah Dan Jawa Timur Ini Bertujuan Meningkatkan Pemahaman Aparat Pengadilan Tentang Kebutuhan Khusus Penyandang Disabilitas.

      hadir Sebagai Pembicara Dalam Kegiatan Ini Adalah:

      Dr. Husnul Khotimah, S.h., M.h. , Wakil Ketua Pengadilan Negeri Mojokerto; Dra. Detty Supriastuti, Ketua Pusat Informasi Kegiatan Persatuan Orang Tua Down Syndrome (pik Potads); Nurul Saadah Andriani, S.h., M.h, Ketua Yayasan Sentra Advokasi Perempuan, Difabel Dan Anak (sapda) ; Drs. Gufron Sakaril, M.m, Ketua Umum Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (ppdi).
    • Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengucapkan Selamat Menjalankan Tugas Kepada 3 (tiga) Ketua Pengadilan Tinggi Baru

      ketua Mahkamah Agung Ri, Y.m. Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin, S.h., M.h, Melantik Dan Mengambil Sumpah Tiga Ketua Pengadilan Tinggi, Pada Senin, 12 Februari 2024, Bertempat Di Ruang Kusumaatmadja, Gedung Mahkamah Agung Ri, Jl. Medan Merdeka Utara No, 9-13, Jakarta. Pelantikan Ini Merupakan Bagian Dari Promosi Dan Mutasi Hakim Pada Lingkungan Peradilan Umum.

      Para Pejabat Pengadilan Tingkat Banding Yang Dilantik Yaitu: Asnahwati, S.h., M.h. Sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Tanjung Karang, Dr. Budi Santoso, S.h., M.h. Sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Papua Barat, Dan Dr. Hery Supriyono, S.h., M.hum. Sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Nusa Tenggara Barat.

      ym Ketua Mahkamah Agung Ri Dalam Pesannya Mengingatkan Kepada Para Ketua Pengadilan Tinggi Agar Meningkatkan Prestasi Pengadilan Tinggi Yang Dipimpin Dalam Memberikan Pelayanan Hukum.

      kepada Para Ketua Pengadilan Tinggi Yang Dilantik, Seluruh Keluarga Besar Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengucapkan Selamat Menjalankan Tugas Dan Semoga Para Ketua Pengadilan Tinggi Dapat Menjadi Teladan Pada Wilayah Tugasnya Masing-masing.

    • Pertanggungjawabkan Kinerja, Pengadilan Tinggi Bandung Selenggarakan Sidang Pleno Laporan Tahunan 2023

      setiap Instansi Pemerintah Memiliki Kewajiban Untuk Mempertanggungjawabkan Kinerjanya Kepada Publik Secara Transparan. Hal Ini Sebagai Bermanfaat Bagi Masyarakat sehingga Mereka Dapat Menilai Kinerja Instansi Tersebut, Dengan Demikian, Kepercayaan Publik Terhadap Instansi Tersebut Dapat Semakin Meningkat. Hal Ini Pula Yang Disampaikan Dalam Sidang Pleno Laporan Tahunan 2023 Pengadilan Tinggi Bandung Yang Diselenggarakan Pada Selasa, 6 Februari 2024 Di Hotel Horison Ultima, Bandung. Dipimpin Langsung Oleh Ketua Pengadilan Tinggi Bandung, dr. H. Syahrial Sidik, S.h., M.h. Dengan Didampingi Oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bandung, dr. Hj. Diah Sulastri Dewi, S.h., M.h. Beserta Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Bandung Dan Ketua Pengadilan Negeri Se-wilayah Pengadilan Tinggi Bandung, Pada Kesempatan Ini Ketua Pengadilan Tinggi Bandung Memaparkan Seluruh Kinerja Pengadilan Tinggi Bandung Selama Tahun 2023. Beberapa Yang Dibahas Antara Lain, Mengenai Penyelesaian Perkara, Baik Di Pengadilan Tinggi Bandung, Maupun Pengadilan Negeri Di Bawahnya, Realisasi Anggaran, Invovasi Yang Telah Dikembangkan Baik Di Pengadilan Tinggi Bandung, Seperti Aplikasi Ika Dan Monika Yang Berfungsi Memonitor Kinerja Pegawai, Serta Inovasi Lainnya Yang Dikembangkan Oleh Pengadilan Negeri Di Wilayah Pengadilan Tinggi Bandung. 

    • Unjuk Inovasi, Pengadilan Di Wilayah Pengadilan Tinggi Bandung Ikuti Pameran Inovasi Pelayanan Publik

      kemajuan Teknologi Informasi Merupakan Hal Yang Tak Terelakkan. Teknologi Informasi Telah Menjadi Bagian Yang Krusial Dalam Kehidupan Sehari-hari, Termasuk Dalam Memberikan Pelayanan Publik Kepada Para Pencari Keadilan. Menyadari Hal Tersebut, Pengadilan Tinggi Bandung Terus Mendorong Satuan Kerja Di Bawahnya Untuk Terus Berinovasi Dan Memanfaatkan Teknologi Informasi. Untuk Mendukung Hal Tersebut Sekaligus Mengenalkan Inovasi Pengadilan Di Wilayah Pengadilan Tinggi Bandung, Pengadilan Tinggi Bandung Menyelenggarakan Pameran Inovasi Pelayanan Publik Pada Selasa, 6 Februari 2024. Bertempat Di Hotel Horison Ultima, Bandung, Pameran Dibuka Oleh Ketua Pengadilan Tinggi Bandung, Dr. H. Syahrial Sidik, S.h., M.h. Dengan Didampingi Oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bandung, Dr. Hj. Diah Sulastri Dewi, S.h., M.h. Pada Kesempatan Tersebut, Ketua Pengadilan Tinggi Bandung Menyempatkan Untuk Berkeliling Mengunjungi booth dari Pengadilan-pengadilan Di Wilayah Pengadilan Tinggi Bandung. Dari Inovasi Yang Ditampilkan, Dapat Dilihat Bahwa Inovasi Tersebut Telah Mengimplementasikan Teknologi Informasi, Di Antaranya Penggunaan Asisten Virtual, Chatbot, Ptsp Mandiri Menggunakan Videoconference, Dan Masih Banyak Lagi. Selain Itu, Juga Terdapat booth Dari Dharmayukti Karini Pengadilan Di Wilayah Pengadilan Tinggi Bandung. Pada booth Tersebut Menjajakan Berbagai Macam Panganan Dan Kerajinan Khas Di Wilayah Pengadilan Tersebut.

    • Waspada Kanker Sejak Dini, Ditjen Badilum Ikuti Sosialisasi Oleh Yayasan Binaan Kanker Nusantara

      dalam Rangka Memperingati Hari Kanker Sedunia Yang Jatuh Pada Tanggal 4 Februari 2024, Sekretariat Mahkamah Agung Ri Bekerja Sama Dengan Yayasan Binaan Kanker Nusantara Menyelenggarakan Sosialisasi Mengenai Kanker Dan Tumor Serta Pencegahannya Pada Senin, 5 Februari 2024. Bertempat Di Ruang Sidang Sekretariat Mahkamah Agung Ri Lantai 12, Kegiatan Dihadiri Oleh Perwakilan Dari Masing-masing Unit Eselon I Di Lingkungan Sekretariat Mahkamah Agung Ri, Termasuk Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum. Dalam Sambutannya Yang Sekaligus Membuka Kegiatan Ini, Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, Kurnia Arry Soelaksono, S.e., S.h., M.hum., Menyampaikan Harapannya Agar Kegiatan Ini Dapat Memberikan Manfaat Bagi Para Peserta Sekaligus Memberikan Informasi Dan Kesadaran Terkait Pentingnya Mendeteksi Kanker Sejak Dini Dan Agar Lebih Berhati-hati Dan Menjaga Pola Hidup Sehat. Hadir Sebagai Narasumber Dari Yayasan Binaan Kanker Nusantara Adalah mondy Ramdhani Eka putra, Amd.kep., S.kom. Materi Yang Disampaikan Antara Lain Mengenai Berbagai Jenis Kanker Yang Umum Ditemukan, Seperti Kanker Paru-paru, Kanker Prostat, Kanker Serviks, Dan Kanker Payudara. Selain Itu, Juga Disampaikan Berbagai Cara Penanggulangan Dan Pencegahan, Serta Deteksi Dini Terhadap Kanker, Di Antaranya Dengan Pola Hidup Sehat, Seperti Konsumsi Makanan Tanpa Pengawet Dan Olahraga Teratur.

    • Ditjen Badilum Mengucapkan Selamat Menjalankan Tugas Kepada Bapakdr. Heru Pramono, S.h., M.hum. Sebagaipanitera Mahkamah Agung Ri

      keluarga Besar Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengucapkan Selamat Menjalankan Tugas Kepada Bapak dr. Heru Pramono, S.h., M.hum. Sebagai panitera Mahkamah Agung Ri. Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Jabatan Sebagai Panitera Mahkamah Agung Dipimpin Oleh ketua Mahkamah Agung prof. Dr. H.m Syarifuddin, S.h., M.h Pada Hari Rabu 31 Januari 2024, Berlangsung Di Gedung Mahkamah Agung Ri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

      sebelum Menjabat Sebagai Panitera Mahkamah Agung Ri, Beliau Menjabat Pada Beberapa Posisi Di Lingkungan Peradilan Umum, Termasuk Sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Tanjung Karang, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta, Dan Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura.

    • Sebanyak 62 Peserta Ikuti Uji Kelayakan Dan Kepatutan Panitera Pengadilan Negeri Kelas Ia Dan Ib Serta Panitera Muda Pengadilan Tinggi Tahun 2024

      panitera Adalah Pejabat Struktural Pengadilan Yang Membantu Pimpinan Pengadilan Di Bidang Kepaniteraan, Terutama Administrasi Perkara. Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Berkomitmen Memastikan Bahwa Yang Menjadi Seorang Panitera Adalah Mereka Yang Memiliki Kemampuan Dan Layak Menjabat. Oleh Karena Itu, Ditjen Badilum Kembali Menggelar Uji Kelayakan Dan Kepatutan Untuk Menjaring Para Calon Panitera Pada Pengadilan Negeri Kelas Ia Dan Ib Serta Panitera Muda Pengadilan Tinggi.

      pada Uji Kelayakan Dan Kepatutan Pertama Di Tahun 2024 Ini, Sebanyak 62 (enam Puluh Dua) Calon Panitera Mengikuti Kegiatan Ini, Yang Terbagi Dalam 2 Kelompok. Para Peserta Mengikuti Ujian Secara Daring (online) Dari Satuan Kerja Masing-masing.

      materi Ujian Ini Termasuk: Kepemimpinan (leadership) Dan Integritas (visi, Misi Dan Wawasan); Kemampuan Teknis Hukum Dan Peradilan (perkara Pidana, Perdata, Hukum Dan Kekhususan); Kode Etik Dan Pedoman Perilaku Panitera; Manajemen Administrasi Dan Layanan Peradilan; Serta Tes Kemampuan Teknologi Administrasi Peradilan.

      diharapkan, Para Calon Panitera Yang Lulus Uji Kelayakan Dan Kepatutan Dapat Menjalankan Tugas Tata Kelola Dan Penanganan Perkara Dengan Baik Sehingga Dapat Memberikan Pelayanan Keadilan Terbaik Pula Bagi Masyarakat.

      pelaksanaan Ujian Kemampuan Teknologi Administrasi Peradilan Bagi Seluruh Peserta Diadakan Pada Hari Selasa, 30 Januari 2024. Kemudian Dilanjutkan  pelaksanaan Ujian Wawancara Dilaksanakan Pada Hari Rabu, 31januari 2024 Dan Hari Kamis, 1 Februari 2024.

      setelah Melalui Rangkaian Uji Kepatutan Dan Kelayakan, Dinyatakan 14 (empat Belas) Orang Lulus Untuk Panitera Pengadilan Negeri Kelas Ia, Dan 27 (dua Puluh Tujuh) Orang Lulus Untuk Panitera Pengadilan Negeri Kelas Ib Dan  panitera Muda Pengadilan Tinggi. Pengumuman Hasil Uji Kelayakan Dan Kepatutan Dapat Dilihat Di: https://badilum.mahkamahagung.go.id/berita/pengumuman-surat-dinas/4196-pengumuman-hasil-uji-kelayakan-dan-kepatutan-panitera-pengadilan-negeri-kelas-i-a-dan-kelas-i-b-ta-2024.html

  • Berita Pengumuman Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Pengelola Keuangan Di Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Terima Materi Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran (ikpa) Dan Rencana Penarikan Dana (rpd) Dari Kppn Jakarta Vi

      dalam Rangkaian Kegiatan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Dan Koordinasi Pelaksanaan Anggaran Ta, Pada Hari Kamis, 29 Februari 2024, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengadakan Sosialisasi Kepada Para Pengelola Keuangan Seluruh Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Secara Daring (online) Terkait Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara (apbn).

      hadir Dalam Kediatan Ini Pemateri Yaitu Istianah, S.e., M.s.i. Dan bramastoro Rio Pratama, Yang Merupakan Pembina Teknis Perbendaharaan Negara Dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (kppn) Jakarta Vi, Sedangkan Sebagai Peserta Hadir Secara Online Para Bendahara Dan Pengelola Keuangan Dari Seluruh Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri.

      materi Pada Kegiatan Ini Adalah Tentang Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran (ikpa) Dan Rencana Penarikan Dana (rpd), Serta Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah (kkp) Dalam Pelaksanaan Belanja Operasional Maupun Non-operasional Di Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri.

      penyusunan Rpd Yang Disusun Dengan Baik Akan Membantu Satuan Kerja Pengadilan, Karena Kegiatan Yang Derencanakan Dapat Dilaksanakan Tepat Waktu Dan Belanja Satuan Kerja Dapat Dibayarkan Tepat Waktu. Rpd Yang Sesuai Kebutuhan Satuan Kerja Juga Akan Memudahkan Kementerian Keuangan Dalam Menyediakan Dana Yang Dibutuhkan Kementerian Dan Lembaga.

      pada Kesempatan Ini, Para Pengelola Keuangan Di Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Juga Berkesempatan Berdiskusi, Seperti  Pembayaran Perjalanan Dinas, Serta Tentang Revisi Mata Anggaran Jika Target Kegiatan Sudah Dicapai.

    • Tingkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Apbn, Ditjen Badilum Adakan Kegiatan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Dan Koordinasi Pelaksanaan Anggaran Ta 2024

      sebagai Pertanggungjawaban Atas Pelaksanaan Anggaran Tahun 2023, Dan Dalam Rangka Menyusun Langkah-langkah Pada  Tahun Anggaran 2024, Maka ditjen Badilum Kembali Mengadakan Kegiatan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Dan Koordinasi Pelaksanaan Anggaran. Kegiatan Ini Dhadiri Oleh Para Pejabat Pembuat Komitmen (ppk), Bendahara Dan Pengelola Keuangan Ditjen Badilum, Serta Para Narasumber Dari Instansi Terkait.

      kegiatan Ini Dilaksanakan Di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta Pusat, Pada Tanggal 28 Februari S.d. 1 Maret 2024. Saat Membuka Acara Ini, Sekretaris Ditjen Badilum, Kurnia Arry Soelaksono, S.e., S.h., M.hum. Meminta Agar Para Pengelola Keuangan Dapat Menyampaikan Kendala Yang Dihadapi Dalam Tahun Anggaran 2023 Lalu Kepada Para Narasumber Untuk Dapat Dicarikan Solusinya Agar Pengelolaan Anggaran Di Ditjen Badilum Dapat Semakin Baik, Serta Untuk Meningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara (apbn) Di Ditjen Badilum.

      permasalahan Pengelolaan Keuangan Yang Dibahas Dalam Kegiatan Ini Misalnya Peraturan Terbaru Dari Kementerian Keuangan, Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah (kkp), Upaya Pengingkatan Penyerapan Anggaran, Perhitungan Biaya Mutasi Hakim, Dan  Proses Pembayaran perjalanan Dinas.

      pada Sesi Pertama Hari Rabu, 28 Februari 2024, Hadir Pemateri Dari direktorat Jenderal Perbendaharaan (djpb) Yang Membahas Peraturan Menteri Keuangan (pmk) nomor 119 Tahun 2023 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 113 Tahun 2012 Tentang Perjalanan Dinas Dalam Negeri Bagi Pejabat Negara, Pegawai Negeri, Dan Pegawai Tidak Tetap. Narasumber Menyampaikan Rencana Penerapan Sistem Perjalanan Dinas Elektronik, Dengan Sistem Geotagging Untuk Meningkatkan Transparansi Dan Akuntabilitas Perjalanan Dinas, Serta Mencegah Perjalanan Dinas Fiktif.

    • Penugasan Judicial Dialog Tentang Rahasia Dagang

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      jadwal Acara Uspto Judicial Dialog.pdf 438 Kb32
      penugasan Peserta Judicial Dialog Tentang Rahasia Dagang_sign.pdf 350 Kb59
    • Ditjen Badilum Berikan Bimbingan Teknis Perempuan Berhadapan Dengan Hukum Untuk Aparat Peradilan

      ditjen Badilum Kembali Menyelenggarakan Bimbingan Teknis Perempuan Berhadapan Dengan Hukum Di Lingkungan Peradilan Umum. Kegiatan Untuk Tahun Anggaran 2024 Ini Diadakan Di Hotel Santika Seminyak, Bali Pada Tanggal 21 S.d. 23 Februari 2024. Kegiatan Dibuka Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Dengan Didampingi Oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum, Hasanudin, S.h., M.h. Dan Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar, H. Mochamad Hatta, S.h., M.h.tujuan Dari Bimtek Ini Adalah Untuk Memastikan Keterlibatan Perempuan Yang Termasuk Dalam Kaum Rentan Berjalan Dengan Baik Dalam Proses Persidangan Maupun Dalam Pelayanan Hukum Di Lembaga Peradilan. Hadir Sebagai Narasumber Adalah Ketua Pengadilan Tinggi Palu, Dr. Hj. Nirwana, S.h., M.hum. Dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bandung, Dr. Hj. Diah Sulastri Dewi, S.h., M.h. Sebanyak 50 Orang Yang Terdiri Dari Hakim Tinggi, Pimpinan Pengadilan Tingkat Pertama, Hakim Pengadilan Tingkat Pertama, Perwakilan Dari Kejaksaan Dan Kepolisian Dari Wilayah Provinsi Bali Turut Hadir Mengikuti Bimtek Ini.

    • Pengiriman Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Tentang Promosi Dan Mutasi Ketua, Wakil Ketua, Dan Hakim Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Di Lingkungan Peradilan Umum

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      surat Pengumuman Distribusi Sk Hk Pn Dan Pt_sign.pdf 232 Kb9
    • Jaring Calon Pimpinan Pengadilan Negeri Kelas Ii, Ditjen Badilum Adakan Uji Kepatutan Dan Kelayakan

      ditjen Badilum Kembali Menyelenggarakan Seleksi Uji Kepatutan Dan Kelayakan Atau Fit And Proper Test Bagi Calon Pimpinan Pengadilan Negeri Kelas Ii Tahun Anggaran 2024 Demi Mengisi Kekosongan Jabatan Yang Ada Saat Ini. Kegiatan Diselenggarakan Di Hotel Holiday Inn Resort Baruna, Bali Pada Tanggal 21 S.d. 22 Februari 2024. Kegiatan Dibuka Oleh Dorektur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h.sebanyak 61 Orang Hakim Di Lingkungan Peradilan Umum Mengikuti Seleksi Ini. Bertindak Sebagai Penguji Adalah Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum, Hasanudin, S.h., M.h., Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum, Zahlisa Vitalita, S.h., M.h., Dan Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, Kurnia Arry Soelaksono, S.e., S.h., M.hum. Pada Seleksi Ini, Sebanyak 45 Peserta Telah Dinyatakan Lulus.

      hasil Seleksi Ini Dapat Di Lihat Di: https://badilum.mahkamahagung.go.id/berita/pengumuman-surat-dinas/4215

    • Pengumuman Hasil Fit And Proper Test Calon Pimpinan Pengadilan Negeri Klas Ii Tahun 2024

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      hasil Fit Ii 2024.pdf 25 Kb256
    • Selalu Ramai Pengunjung, Booth Ditjen Badilum Raih Juara 3 Pameran Kampung Hukum 2024

      walaupun Telah Memasuki Hari Kedua Sekaligus Hari Terakhir Pameran Kampung Hukum 2024, Antusiasme Dan Minat Pengunjung Sepertinya Belum Juga Surut. Hal Ini Terlihat Dari Booth Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Yang Tak Sepi Pengunjung Pada Selasa, 20 Februari 2024. Selain Dari Lingkungan Peradilan, Banyak Juga Masyarakat Umum Yang Mengunjungi booth ditjen Badilum seperti Mahasiswa, Akademisi, Dan Lainnya. Selain Itu, Beberapa Hakim Agung Juga Menyempatkan Diri Untuk Mengunjungi booth Ditjen Badilum, Di Antaranya, Yang Mulia Dr. Prim Haryadi, S.h., M.h., Yang Mulia Dr. Lucas Prakoso, S.h., M.hum., Yang Mulia Maria Anna Samiyati, S.h., M.h., Dan Yang Mulia Dr. Hj. Rahmi Mulyati, S.h., M.h. Selain Itu, Turut Mengunjungi booth ditjen Badilum Adalah Chief Justice Of Singapore, Sundaresh Menon, Beserta perwakilan Lainnya Dari Mahkamah Agung Singapura. 

      bersamaan Dengan Hari Terakhir Pameran Kampung Hukum 2024, Penutupan Dilakukan Oleh Rudy Sudianto, S.h., M.m., Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga Badan Urusan Administrasi. Selain Itu, Diumumkan Juga Pemenang Untuk Lomba booth terfavorit Dan booth terbaik. Pada Pengumuman Tersebut, Ditjen Badilum Berhasil Meraih Juara 3 booth terbaik Pada Pameran Kampung Hukum 2024. Pada Akhir Rangkaian Kegiatan Pameran Kampung Hukum 2024, Biro Hukum Dan Humas Mahkamah Agung Ri Menampilkan Hiburan Dengan Menghadirkan Band padi Reborn Yang Berhasil Mengguncang Ruang Cenderawasih Jakarta Convention Center Sekaligus Menyemarakkan Penutupan Pameran Kampung Hukum 2024 Kali Ini.

    • Di Hadapan Presiden, Ketua Mahkamah Agung Ri Sampaikan Capaian Dalam Laporan Tahunan 2023

      mahkamah Agung Ri Kembali Menggelar Sidang Istimewa, Dengan Agenda Tunggal Penyampaian Laporan Tahunan 2023. Kegiatan Ini Diselenggarakan Di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Pada Hari Selasa, 20 Februari 2024. 

      kegiatan Ini Diawali Dengan Penampilan Paduan Suara Universitas Diponegoro Yang Membawakan Lagu Nasional Dan Daerah. Kemudian, Para Ketua Pengadilan Tingkat Pertama Dan Tingkat Banding Dari 4 Lingkungan Pengadilan Memasuki Ruang Sidang Istimewa Dengan Mengenakan Toga Sesuai Lingkungan Peradilan Masing-masing. kemudian Para Pejabat Eselon I, Termasuk Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h., Mengikuti Prosesi Dengan Pakaian Sipil Lengkap (psl). kemudian, Dilanjutkan Dengan Prosesi Para hakim Agung Mahkamah Agung Ri.

      presiden Republik Indonesia, h. Ir. Joko Widodo Turut Menghadiri Sidang Istimewa Ini. capaian Instansi Selama Tahun 2023 Disampaikan Oleh Ketua Mahkamah Agung Ri, Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.h., M.h. beliau Pada Kesempatan Ini Menekankan Upaya Meningkatkan Integritas Aparat Peradilan Dan Kualitas Layanan Hukum Pada Masyarakat. Dalam Sambutannya, Presiden Republik Indonesia Juga Mengapresiasi Kinerja Mahkamah Agung Ri Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Hukum.

      kegiatan Ini Selain Diikuti Aparat Peradilan Juga Dihadiri Perwakilan Mahkamah Agung Dari Negara-negara Sahabat, Yaitu Dari Malaysia, Singapura, Australia, Qatar, Kuwait, China, Saudi Arabia Dan Rusia.

    • Ikut Meriahkan Dan Edukasi Masyarakat, Ditjen Badilum Hadir Pada Pameran Kampung Hukum 2024

      ikut Menyemarakkan Dan Memeriahkan Suasana Sekaligus Memperkenalkan Inovasi Dan Produk Kepada Masyarakat Pencari Keadilan, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Turut Membuka booth Pada Pameran Kampung Hukum 2024 Di Ruang Cenderawasih Jakarta Convention Center. Pada Hari Pertama, Tanggal 19 Februari 2024, Booth direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Kedatangan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Ri, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h. Dan Wakil Ketua Mahkamah Agung Ri Bidang Yudisial, Dr. H. Sunarto, S.h., M.h. Beserta Jajaran Pimpinan Mahkamah Agung Lainnya. Rombongan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Ri Disambut Langsung Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Beserta Istri Sekaligus Menyematkan Tanjak Dan Selendang Sebagai Simbol Selamat Datang. Pada Kesempatan Tersebut, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mengajak Rombongan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Ri Untuk Melihat Sejenak Inovasi Dan Produk Unggulan Dari Ditjen Badilum yang Telah Dikembangkan Dan Diimplementasikan. Pada Kesempatan Tersebut, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Memaparkan Beberapa Inovasi Unggulan, Di Antaranya: Aplikasi Satu Jari, Aplikasi lentera, Dan Sertifikasi Mutu Peradilan Unggul Dan Tangguh Atau Ampuh. di Akhir Kunjungannya, Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Ri Dan Yang Mulia Wakil Ketua Mahkamah Agung Ri Bidang Yudisial Menyempatkan Diri Untuk Menuliskan Pesan Dan Kesan Terhadap Ditjen Badilum Dan/atau Mengenai booth ditjen Badilum.

      selain Kunjungan Dari Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Ri Beserta Rombongan, booth ditjen Badilum Juga Mengadakan Kuis Singkat Yang Mengedukasi Para Pengunjung, Tentu Saja Tidak Lupa Dengan Pemberian Hadiah Berupa Cendera Mata Menarik, Seperti Payung, Gelas Mug, power Bank, Dan Sebagainya. Kuis Kali Ini Menghadirkan Bintang Tamu, Kiky Saputri, Selaku host Pada Sesi Kuis Kali Ini. Pembawaan Yang Jenaka Dari Para host Menarik Para Pengunjung Yang Terlihat Sangat Antusias Dalam Menjawab Pertanyaan Yang Diberikan. Hal Ini Menambah Semarak Suasana booth dari Ditjen Badilum Pada Hari Pertama Pameran Kampung Hukum 2024.

    • Vakum Selama 3 Tahun, Pameran Kampung Hukum Kembali Digelar

      "integritas Kuat, Peradilan Bermartabat" Merupakan Tema Yang Diangkat Dalam Pameran Kampung Hukum Mahkamah Agung Ri Tahun 2024 Yang Kembali Digelar Pada Tanggal 19 S.d. 20 Februari 2024. Bertempat Di Ruang Cenderawasih, Jakarta Convention Center, Jakarta, Pameran Diawali Dengan Doa, Lalu Dilanjutkan Dengan Sambutan Oleh Plt. Sekretaris Mahkamah Agung Ri, Sugiyanto, S.h., M.h. Serta Dibuka Secara Resmi Oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Ri, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h. Pada Sambutan Yang Diberikan Dalam Pembukaan Tersebut, Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Ri Berharap Agar Pameran Kampung Hukum 2024 Ini Dapat Menjadi Sarana Bagi Masyarakat Untuk Mengenal Produk-produk Hukum Dengan Kemasan Yang Lebih Menarik.  Kembali Digelar Setelah Tiga Tahun Vakum Akibat Wabah Covid-19, Pameran Ini Diikuti Oleh 31 Kementerian/lembaga Hukum, Organisasi Nonpemerintah, Dan Bank Mitra Yang Masing-masing Menunjukkan Kebijakan, Produk, Dan Inovasinya. Selain Pameran, Kegiatan Ini Juga Diisi Dengan talkshow Dari Berbagai Narasumber, Pagelaran Musik, Kuis, Dan Kegiatan Menarik Lainnya. Pameran Ini Terbuka Untuk Umum Dan Gratis Tanpa Biaya Masuk.

      adapun Peserta Pameran Dari Instansi Adalah:

      Mpr Ri Mahkamah Konstitusi Komisi Yudisial Kepolisian Ri Kementerian Hukum Dan Ham Otoritas Jasa Keuangan Lembaga Perlindungan Saksi Dan Korban Komisi Pemberantasan Korupsi Pusat Pelaporan Dan Analisis Transaksi Keuangan (ppatk) Komisi Pengawas Persaingan Usaha (kppu) Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum Dan Ham

      peserta Pameran Dari Organisasi Nonpemerintah, Di Antaranya:

      Tim Pembaruan Mahkamah Agung Australia Indonesia Partnership For Justice (aipj) United Nations Children's Fund (unicef) Indonesian Center For Environmental Law (icel) Jimly School Of Law And Government Japan Internasional Cooperation Agency (jica) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (lpdp)

      selain Itu, Pameran Juga Diikuti Oleh Tujuh Eselon I Di Lingkungan Mahkamah Agung Ri, Yaitu:

      Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umumdirektorat Jenderal Badan Peradilan Agamadirektorat Jenderal Badan Peradilan Militer Dan Tata Usaha Negarabadan Pengawasan badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Pendidikan Dan Pelatihan Hukum Dan Peradilankepaniteraan Mahkamah Agungbadan Urusan Administrasi klinik Kesehatan Mahkamah Agung

      peserta Pameran Dari Mitra Bank Mahkamah Agung, Yaitu:

      Bank Mandiribank Negara Indoensiabank Rakyat Indonesiabank Syariah Indonesabank Tabungan Negara
    • Pemanggilan Peserta Kegiatan Focus Group Discussion (fgd) Kepaniteraan Di Lingkungan Peradilan Umum Tahun 2024

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      jadwal Acara 20 Jam (1).pdf 195 Kb11
      lampiran Sk (1).pdf 101 Kb27
      pemanggilan Peserta (2).pdf 93 Kb30
    • Dengan Bimbingan Teknis Pelayanan Hukum Disabilitas, Ditjen Badilum Tingkatkan Pelayanan Hukum Kalangan Rentan

      penyandang disabilitas memiliki Kedudukan hukum dan Hak Asasi Manusia Yang Sama Sebagai Warga Negara Indonesia. Namun Dengan Kondisinya, Mereka Menghadapi Resiko Mengalami Kesulitan Mendapatkan Layanan Hukum Di Pengadilan.

      oleh Karena Itu, Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Hukum Bagi Penyandang disabilitas, Maka Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Kembali Mengadakan Kegiatan Bimbingan Teknis Pelayanan Hukum Disabilitas. Untuk Tahun Anggaran 2024 Ini, Kegiatan Bimtek Tersebut Diadakan Pada Hari Senin-rabu, 5-7 Februari 2024, Bertempat Di The Sunan Hotel Solo, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

      kegiatan Yang Dihadiri Peserta Dari Kalangan Ketua Pengadilan Negeri Dan Sekretaris Pengadilan Negeri Di Wilayah Provinsi Jawa Tengah Dan Jawa Timur Ini Bertujuan Meningkatkan Pemahaman Aparat Pengadilan Tentang Kebutuhan Khusus Penyandang Disabilitas.

      hadir Sebagai Pembicara Dalam Kegiatan Ini Adalah:

      Dr. Husnul Khotimah, S.h., M.h. , Wakil Ketua Pengadilan Negeri Mojokerto; Dra. Detty Supriastuti, Ketua Pusat Informasi Kegiatan Persatuan Orang Tua Down Syndrome (pik Potads); Nurul Saadah Andriani, S.h., M.h, Ketua Yayasan Sentra Advokasi Perempuan, Difabel Dan Anak (sapda) ; Drs. Gufron Sakaril, M.m, Ketua Umum Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (ppdi).
    • Pemanggilan Peserta Kegiatan Bimbingan Teknis Perempuan Berhadapan Dengan Hukum Di Lingkungan Peradilan Umum Mahkamah Agung Tahun Anggaran 2024

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      permanggilan Peserta Pbh.pdf 344 Kb3
    • Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengucapkan Selamat Menjalankan Tugas Kepada 3 (tiga) Ketua Pengadilan Tinggi Baru

      ketua Mahkamah Agung Ri, Y.m. Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin, S.h., M.h, Melantik Dan Mengambil Sumpah Tiga Ketua Pengadilan Tinggi, Pada Senin, 12 Februari 2024, Bertempat Di Ruang Kusumaatmadja, Gedung Mahkamah Agung Ri, Jl. Medan Merdeka Utara No, 9-13, Jakarta. Pelantikan Ini Merupakan Bagian Dari Promosi Dan Mutasi Hakim Pada Lingkungan Peradilan Umum.

      Para Pejabat Pengadilan Tingkat Banding Yang Dilantik Yaitu: Asnahwati, S.h., M.h. Sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Tanjung Karang, Dr. Budi Santoso, S.h., M.h. Sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Papua Barat, Dan Dr. Hery Supriyono, S.h., M.hum. Sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Nusa Tenggara Barat.

      ym Ketua Mahkamah Agung Ri Dalam Pesannya Mengingatkan Kepada Para Ketua Pengadilan Tinggi Agar Meningkatkan Prestasi Pengadilan Tinggi Yang Dipimpin Dalam Memberikan Pelayanan Hukum.

      kepada Para Ketua Pengadilan Tinggi Yang Dilantik, Seluruh Keluarga Besar Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengucapkan Selamat Menjalankan Tugas Dan Semoga Para Ketua Pengadilan Tinggi Dapat Menjadi Teladan Pada Wilayah Tugasnya Masing-masing.










Open chat