Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Kepahiang

Jl. Aipda Mu'an, Komplek Perkantoran Pemkab Kepahiang, Bengkulu

Sarana bantu dalam penyampaian informasi delegasi

E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum

Komunikasi Data Nasional

Perpustakaan Pengadilan Negeri Kepahiang

Sistem Informasi Kepegawaian

Portal Sistem Informasi Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Kepahiang

Sejarah Pengadilan Negeri Kepahiang



Sebelum terbentuknya Pengadilan Negeri Kepahiang, wilayah Kabupaten Kepahiang termasuk daerah hukum Pengadilan Negeri Curup. Pengadilan Negeri Kepahiang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 3 Tahun 2008 tanggal 26 Januari 2008, kemudian diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 24 Februari 2009 di Gorontalo, selanjutnya sejak tanggal 1 Juli 2009 Pengadilan Negeri Kepahiang mulai melaksanakan kegiatan kedinasannya sampai awal Januari 2011.

Tanah dan bangunan gedung kantor Pengadilan Negeri Kepahiang yang lama berasal dari Tempat Sidang ( Zitting Plaatzen ) Pengadilan Negeri Curup di Kepahiang yang berlokasi di jalan pembangunan Kelurahan Pasar Ujung Kecamatan Kepahiang dimana kondisinya sangat kecil belum memenuhi standar yang diinginkan.

Gedung Kantor Pengadilan Negeri Kepahiang yang baru terletak di jalan Aipda Mu’an Komplek Perkantoran Pemkab Kepahiang – Bengkulu yang berdiri diatas tanah pemberian Hibah dari Pemda Kepahiang seluas 9650 m2, terdiri dari 2 (dua) lantai yang di bangun pada tahun 2010 – 2011.

Pembangunan gedung kantor Pengadilan Negeri Kepahiang yang baru pada saat itu dilaksanakan dalam 2 tahap, tahap pertama dibangun dalam bentuk struktur / rangka yang dibangun dengan biaya sebesar Rp. 2.500.000.000,- dengan sumber pendanaan dari DIPA T.A 2010 dan selesai dibangun dalam bulan Desember 2010. Selanjutnya dengan DIPA T.A 2011 pembangunan gedung dilanjutkan pada tahap kedua untuk finishing / penyelesaian yang dibangun dengan biaya sebesar Rp. 3.000.000.000,- dan selesai dibangun dalam bulan Desember 2011.

Gedung kantor Pengadilan Negeri Kepahiang yang baru, diresmikan pemakaiannya pada tanggal 11 Januari 2011 oleh Bapak Ketua Mahkamah Agung RI Prof. DR. H. Harifin A. Tumpa, SH., MH. yang sampai saat ini sudah difungsikan dengan baik.